Home > Ragam Berita > Nasional > Pengamat Terorisme : Bom Bunuh Diri di Surabaya Masih Rangkaian Kejadian Mako Brimob

Pengamat Terorisme : Bom Bunuh Diri di Surabaya Masih Rangkaian Kejadian Mako Brimob

Jakarta – Pengamat terorisme, Al Chaidar, mengatakan pengeboman yang terjadi di Surabaya itu sebenarnya masih terkait dengan peristiwa di Markas Komando (Mako) Brimob, Depok, pada tanggal 8-10 Mei lalu.

Pengamat Terorisme : Bom Bunuh Diri di Surabaya Masih Rangkaian Kejadian Mako Brimob

Ini terindikasi karena ada seorang narapidana kasus terorisme yang mengeluarkan seruan untuk menyerang Mako tersebut.

‘’Jadi apa yang terjadi sekarang ini merupakan respons dari seruan jihad itu. Seruan itu oleh pelakunya, Aman Abdurrahman, belum dicabut. Kala itu dia keluarkan dua seruan, pertama menyerang Mako Brimob dan berdamai setelah itu. Nah, untuk yang berdamai sudah dilakukan, tapi seruan melakukan serangan belum dicabut,’’ kata Al Chaidar, di Jakarta, (13/5/2018).

Al Chaidar mengatakan, melihat rangkaian peristiwa yang terjadi belakangan ini, tampaknya kasus seperti ini akan berlanjut. Apalagi ini akan masuk ke dalam bulan Ramadhan, di mana dalam kitab fiqh mereka bulan Ramadhan itu saatnya melakukan penyucian jiwa.

Baca juga: Kapolri Beberkan Motif Pelaku Bom Bunuh Diri di Surabaya

‘’Tak ada jalan lain, pemerintah dan semua pihak harus waspada. Sayangnya negara malah terlihat gamang. Presiden juga gamang untuk selesaikan soal payung hukum kepada Polri yakni berkaitan dengan Revisi UU Terorisme. Bahkan terkesan ada sikap antimiliter karena oleh para akitvis HAM revisi UU Terorisme itu dianggap berbau militerisme, yakni adanya pelibatan militer dalam pemberantasan terorisme. Saya pun bisa faham karena memang Pak Presiden kan orang sipil,’’ tegasnya. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

x

Check Also

Secara Khusus, Presiden Jokowi Ajak Zohri Berkeliling Istana Bogor

Secara Khusus, Presiden Jokowi Ajak Zohri Berkeliling Istana Bogor

Bogor – Baru-baru ini, juara dunia lari 100 meter, Lalu Muhammad Zohri mendapat kesempatan untuk ...