Catalunya – Lewis Hamilton memenangi Grand Prix Spanyol ketika Tim Mercedes menduduki posisi satu-dua pada Minggu 13 Mei 2018 untuk memperbesar keunggulannya terhadap pembalap Ferrari, Sebastian Vettel, di klasemen Formula 1 menjadi 17 poin.

Hamilton Perbesar Keunggulan dari Pembalap Ferrari

Lewis Hamilton

Kemenangan tersebut merupakan kemenangan kedua yang didapat pembalap asal Britania Raya tersebut di musim ini. Kemenangan itu juga sekaligus menjadi kemenangan ke-64 sepanjang karier Hamilton dan kemenangan ketiganya di Circuit de Catalunya.

Sementara itu, pembalap asal Finlandia, Valtteri Bottas, menduduki posisi kedua, tertinggal 20,5 detik dari Hamilton. Sedangkan pembalap Belanda berusia 20 tahun, Max Verstappen, melengkapi para pengisi podium sebagai perwakilan tim Red Bull. Di sisi lain, pembalap andalan Ferrari, Sebastian Vettel, hanya bisa finis keempat.

Kemenangan Hamilton tersebut meneruskan apa yang menjadi kemenangan dengan diwarnai keberuntungan di Azerbaijan dua pekan silam. Namun pada balapan di Catalunya itu, Hamilton mengaku dirinya tak mengandalkan keberuntungan, tetapi lebih kepada kemampuannya di atas lintasan.

“Ini lebih seperti itu, mari pertahankan. Hari ini mobil dan saya sendiri, saya merasa bahwa sinergi itu yang tidak saya rasakan sepanjang tahun. Ini adalah perasaan yang bagus. Kami didampingi oleh dewan Mercedes, maka terasa menyenangkan untuk berada dengan mereka semua di sini dan melihat kekuatan sebenarnya yang ada di tim, kedalaman kekuatan, maka saya harap kami dapat meneruskannya,” kata Hamilton.

Hamilton sekarang memiliki 95 poin, sedangkan Vettel 78 poin setelah lima putaran dari kejuaraan yang total akan melangsungkan 21 balapan. Mercedes juga merebut kembali pucuk klasemen konstruktor dari tangan Ferrari. Pasalnya, dalam balapan kali ini, pembalap Ferrari lainnya, Kimi Raikkonen tak bisa melaju hingga garis finis. (Tita Yanunatari – www.harianindo.com)