Home > Ragam Berita > Nasional > Pengamat Menyebut Teroris Kemungkinan Akan Rehat Sejenak Usai Guncang Jatim

Pengamat Menyebut Teroris Kemungkinan Akan Rehat Sejenak Usai Guncang Jatim

Jakarta – Khairul Fahmi selaku Pengamat terorisme dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) mengungkapkan bahwa serangan teror bom oleh kelompok teroris di berbagai daerah akan reda sejenak, meski tidak dalam waktu dekat.

Pengamat Menyebut Teroris Kemungkinan Akan Rehat Sejenak Usai Guncang Jatim

Dirinya menilai bahwa seluruh anggota JAD pimpinan Aman Abdurrahman akan berkonsolidasi sebentar guna serangan yang lain. Pasalnya, saat ini serangan begitu sporadis meski mereka dinilai telah menyusun secara baik.

Saat dihubungi kemarin, dirinya mengatakan bahwa “Kemungkinan akan rehat sebentar. Tidak dalam waktu dekat ini memang. Sepertinya, mereka akan melakukan konsolidasi dulu karena sudah banyak yang meninggal dan ditangkap,”

Kemudian dirinya menjelaskan bahwa bulan Ramadan tidak akan terlalu berpengaruh terhadap kepercayaan mereka. Beberapa kejadian pengeboman juga sempat terjadi pada saat bulan puasa tiba, bahkan menjelang lebaran.

“Bagaimanapun, pemicu aksi mereka kan dari Mako Brimob. Sehingga, timbul aksi lanjutan. Apalagi, saya melihat yang melakukan ini sebenarnya sel tidur,” tandasnya.

Namun begitu, dirinya meyakini pihak kepolisian sudah mengetahui lokasi anggota jaringan tersebut. Hanya saja, gerakan anggota JAD terlalu tertutup dan kepolisian tidak dapat menangkap sembarang orang karena belum memiliki aturan baku.

“Mereka tidak bisa menangkap sembarang orang juga. UU Terorisme yang baru kan belum selesai. Meski ketika ditangkap pun polisi harus tepat dapat membuktikan mereka bersalah di pengadilan,” ucap Khairul.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Perbakin Tegaskan Senjata Api Otomatis Dialarang untuk Kegiatan Olahraga

Perbakin Tegaskan Senjata Api Otomatis Dialarang untuk Kegiatan Olahraga

Jakarta – Persatuan Penembak Indonesia (Perbakin) melarang senjata otomatis, baik asli maupun hasil modifikasi, untuk ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135