Jakarta – Sejumlah negara mengeluarkan Travel Advice (saran bepergian) kepada warganya yang sedang berada atau akan masuk berkunjung ke Indonesia untuk menjaga keselamatan. Hal itu menyusul peristiwa aksi teror bom di Surabaya beberapa waktu lalu.

Menteri Puan Optimistis Travel Advice Segera Dicabut

Menteri Puan Maharani

Sikap beberapa negara itu juga menjadi perhatian pemerintah untuk meningkatkan keamanan. Terlebih Indonesia akan menjadi tuan rumah Asian Games XXVIII pertengahan Agustus mendatang.

“Bahwa memang ada beberapa negara yang sampai saat ini masih megeluarkan travel advice, itu merupkan tanggungjawab dari negara masing-masing kepada warga negaranya yang berada di Indonesia atau akan ke Indonesia untuk menjaga keselamatan dirinya,” kata Menko PMK Puan Maharani di kantornya pada Kamis (17/5/2018).

Baca juga: Polri Belum Ketahui Identitas Pembunuh Anggota Densus 88 di Rutan Mako Brimob

Meski Demikian, Puan optimis travel advice yang dirilis beberapa negara tersebut akan segera di cabut. Seiring situasi dan kondisi akan segera normal paska aksi terorisme di Surabay, Jakarta dan Riau beberapa waktu lalu.

Aparat keamanan dari Kepolisian dibantu TNI dan instansi terkait akan menanggulangi ancaman terorisme tersebut. “Insya Allah dengan dukungan bangsa Indonesia dan tentu saja antisipsi, mitigasi dari semua pihak yakni TNI, Polri, BIN, BNPT, BSSN, dan Kementerian/Lembaga kami berharap dalam waktu yang tidak lama travel advice itu tidak akan berkembang menjadi lebih lanjut. Bahkan kemudian bisa dinyatakan bahwa Indonesia kembali atau tidak mendapat travel advice dari negara-negara tersebut,” ujarnya. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)