Home > Ragam Berita > Nasional > Pemprov DKI Diimbau Kaji Pohon yang Bakal Ditanam di RTH

Pemprov DKI Diimbau Kaji Pohon yang Bakal Ditanam di RTH

Jakarta – Koordinator Edukasi Outreach Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (Kehati) Ahmad Baihaqi meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengkaji konsep pembangunan ruang terbuka hijau (RTH) di Jakarta.

Pemprov DKI Diimbau Kaji Pohon yang Bakal Ditanam di RTH

Konsep RTH perlu dikaji terutama dari jenis pohon yang ditanam di RTH tersebut. “Sebenarnya pembukaan RTH perlu dikaji lagi karena membangun RTH perlu diperhatikan jenis-jenis pohon yang ditanam,” ujar Baihaqi, di Taman Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (23/5/2018).

Baihaqi mengatakan, pohon yang ditanam harus dapat menarik hewan untuk datang. Misalnya, penanaman pohon ceri yang dapat menarik spesies burung. Buah ceri merupakan salah satu pakan burung.

Baihaqi mengatakan, kebanyakan pohon yang ditanam di RTH hanya difungsikan sebagai tempat berteduh bukan untuk pakan hewan. Pihaknya juga berharap Pemprov DKI memperbanyak RTH.

Berdasarkan data yang dimiliki Kehati, RTH yang dibangun di Jakarta belum memenuhi jumlah yang diamanatkan Undang-undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Tata Ruang dan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) serta Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) DKI Jakarta yaitu 30 persen dari luas wilayah.

Baca juga: Terkait Kasus DPRD Sumatera Utara, KPK Mintai Keterangan Puluhan Saksi

Pemprov DKI baru dapat memenuhi 9,98 persen saja. “Kami juga berharap pemerintah juga membuka koridor-koridor antar RTH karena apabila setiap taman memiliki jarak yang berbeda maka burung susah untuk berpindah dari satu taman ke taman lain,” ujarnya. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

x

Check Also

SBY Walk Out Karena Mendengar Teriakan Ini

SBY Walk Out Karena Mendengar Teriakan Ini

Jakarta – Pada acara Deklarasi Kampanye Damai yang digelar di Monumen Nasional (Monas) pada Minggu ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135