Jakarta – Lembaga survei Indonesia Development Monitoring (IDM) baru saja merilis hasil surveinya terkait Pilpres 2019. Hasilnya, elektabilitas Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto unggul dari petahana Presiden Jokowi, dalam sejumlah simulasi survei.

Lembaga Survei Ini Sebut Elektabilitas Prabowo Jauh Ungguli Jokowi

Ada lima nama bakal calon presiden yang menjadi obyek survei, dilihat dari deklarasi dan ada tidaknya parpol yang mengusung. Kelima nama itu yakni Joko Widodo, Prabowo, Gatot Nurmantyo, Rizal Ramli, dan Agus Harimurti Yudhoyono.

Dari lima nama tersebut, elektabilitas Prabowo unggul dengan 39,2 persen, sedangkan Jokowi 21,3 persen.

“Kami ada lima capres berbasis kesanggupan orang yang sudah mendeklarasikan diri maupun diusung oleh parpol. Prabowo unggul 39,2 persen, kedua Jokowi 21,3 persen, Rizal Ramli 11,1 persen, Gatot Nurmantyo 7,5 persen, dan AHY 4,3 persen,” kata Direktur Eksekutif IDM Ben Firman Tresnadi di Ballroom Ibis Budget, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (24/5/2018).

Responden kemudian diberi pertanyaan ‘Jika pemilu diselenggarakan hari ini, siapa dari 3 nama yang akan Anda pilih jadi Presiden?’.

Ketiga nama yang dipilih yakni Prabowo (45,8 persen), Jokowi (27,1 persen), dan Rizal Ramli (12,5 persen).

Sedangkan untuk survei head to head Jokowi dan Prabowo, Prabowo jauh lebih unggul dengan 50,1 persen, sedangkan Jokowi hanya 29 persen.

“Hasil kalau head to head menurut survei Prabowo unggul 50,1 persen dan Jokowi hanya 29 persen,” ujar Firman.
(samsul arifin – www.harianindo.com)