Home > Travel & Kuliner > Kuliner > Begini Tips Memilih Semangka Yang Matang dan Manis

Begini Tips Memilih Semangka Yang Matang dan Manis

Jakarta – Di Bulan Puasa ini, salah satu buah yang banyak dicari orang adalah semangka. Buah berwarna merah ini mempunyai kandungan air hingga 90 persen.

Begini Tips Memilih Semangka Yang Matang dan Manis

Namun demikian, perlu diperhatikan bagaimana cara memilih semangka yang tepat sehingga bisa mendapatkan daging buah yang matang dan manis.

Berikut ini tips memilih buah semangka yang manis:

1. Perhatikan ‘field spot’ pada permukaan semangka
Field spot pada semangka yakni bercak kekuningan pada permukaan buah yang umumnya ada di bagian bawah semangka, dan salah satu indikasi kematangan semangka. Field spot yang lebar dan berwarna kuning menandakan semangka tersebut sudah matang.

2. Kulit berwarna hijau tua
Semangka yang matang dan manis memiliki kulit buah berwarna hijau tua dan kusam. Sedangkan semangka dengan warna kulit lebih muda dan cenderung mengkilap biasanya lebih awal dipanen sehingga rasanya tidak terlalu manis.

3. Ketuk permukaan semangka
Buah semangka yang matang biasanya memiliki bobot yang sesuai dengan ukurannya. Selain itu, bila diketuk, akan mengeluarkan suara suara yang berat dan penuh. Sebaliknya, semangka yang memiliki banyak rongga di dalamnya akan berbunyi lebih nyaring saat diketuk.

4. Perhatikan warna daging buah
Semangka yang matang sempurna akan memiliki warna merah yang terlihat segar dan ranum. Bila daging buah ditekan secara perlahan dan masih mengeluarkan air, berarti daging buah masih segar dan renyah.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Resep Sambal Rujak Buah Petis, Kudapan yang Sangat Istimewa

Resep Sambal Rujak Buah Petis, Kudapan yang Sangat Istimewa

Jakarta – Untuk menikmati rujak buah yang mantap, sambal yang digunakan harus istimewa. Ada banyak ...