Home > Gaya Hidup > Tips > Wow, Berpuasa Bisa Bikin Flu dan Batuk Cepat Sembuh

Wow, Berpuasa Bisa Bikin Flu dan Batuk Cepat Sembuh

Jakarta – Saat puasa biasanya kondisi tubuh mudah terserang flu dan batuk. Tentu hal ini terkadang dapat menghambat ibadah puasa Anda. Akan tetapi, tahukah Anda jika batuk dan flu saat puasa justru memberikan dampak positif? Bagaimana bisa? Simak penjelasan yang dilansir dari hellosehat.com berikut.

Wow, Berpuasa Bisa Bikin Flu dan Batuk Cepat Sembuh

ilustrasi

Saat puasa, tubuh menggunakan energi cadangan supaya fungsi organ tetap berjalan dengan normal. Dalam keadaan normal, tubuh akan mengandalkan gula yang ada di dalam darah, tapi saat puasa tentu berbeda. Saat berpuasa, kadar gula darah menurun karena tidak ada makanan yang dikonsumsi, maka itu tubuh mengandalkan simpanan gula yang ada di dalam hati dan otot.

Selanjutnya, cadangan gula ini hanya akan membuat tubuh bertahan antara 24-48 jam. Jika tak ada gula yang masuk, tubuh akan langsung menggunakan protein dan lemak sebagai pengganti sumber energi.

Sementara itu, flu dan batuk biasanya disebabkan oleh virus dan bakteri. Kondisi ini membuat sistem kekebalan tubuh melemah dan memungkinkan Anda untuk terserang berbagai penyakit lainnya.

James Balch, MD dan Phyllis Balch, CNC, ahli yang juga seorang penulis buku kesehatan ini menyatakan puasa dapat menyembuhkan flu dan batuk yang sedang Anda alami karena dapat membantu menghilangkan racun di dalam tubuh, termasuk virus penyebab flu dan batuk.

Selain itu, dikutip dari Healthline, sebuah penelitian menyatakan bahwa berkurangnya nafsu makan di hari-hari pertama terserang penyakit merupakan cara tubuh beradaptasi untuk melawan infeksi. Berdasarkan hal tersebut, para peneliti menyimpulkan terkena flu saat puasa lebih baik karena saat menjalankan ibadah ini, tubuh menghemat energi, sehingga bisa fokus melawan infeksi virus dan bakteri. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Mainkan Gadget saat Jam Tidur Bisa Berdampak pada Berat Badan

Mainkan Gadget saat Jam Tidur Bisa Berdampak pada Berat Badan

Jakarta – Meskipun sepele tapi hal ini patut kamu perhatikan jika ingin tubuhmu tetap langsing ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135