Jakarta – Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Pilkada 2018 dan Pilpres 2019 Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudoyono (AHY), mengatakan Partai Demokrat akan membangun koalisi pada Pilpres 2019 mendatang. Namun, AHY mengaku belum saatnya Demokrat menentukan sikap.

AHY : Partai Demokrat Belum Tentukan Koaliasi di Pilpres 2019

AHY

“Kemana pun saya berkunjung, saya pasti ditanya soal Pilpres dan ini sangat wajar jika ini menjadi perhatian publik. Tapi hari ini kabutnya masih tebal, masih tebal. Jadi kalau ditanya AHY punya gambaran, secara pasti sulit untuk menyatakan pasti,” kata AHY di Medan, Sumatera Utara, Rabu (6/6/2018).

AHY menuturkan, parpol saat ini masih memegang kartu masing-masing meski Pilpres 2019 tak lama lagi. Namun, kata AHY, dalam politik semua bisa terjadi. AHY memberi contoh saat dirinya menjadi calon gubernur DKI Jakarta.

“Contohnya pilkada Jakarta yang saya alami sendiri, last minute, saya masih di Australia memimpin pasukan latihan bersama, tanggal 23 September itu adalah batas akhir kepada setiap bacalon menyerahkan administrasinya ke KPU Jakarta. Dan saya terbang ke Jakarta, malam itu juga saya baru menyerahkan berkas pencalonan. Bisa dibayangkan ini juga mungkin bisa terjadi seperti itu,” ucap suami dari Annisa Pohan ini

AHY mengungkap, setiap parpol punya kepentingan dan harapan masing-masing. Semua merasa punya kader terbaik yang bisa dicalonkan sebagai capres dan cawaspres.

“Tetapi semua begitu mengunci. Nah ini membuat saya merasa, aduh makin ke sini, makin membingungkan,” ucapnya.

Baca juga: PDIP Tegaskan Sudah Berhentikan Bupati Purbalingga

Dia mengingat, saat Pilpres 2015 lalu hanya ada dua kekuatan yakni Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Namun, kata AHY, pendukung Prabowo kala itu ada yang tidak lagi bersama saat ini.

“Tidak ada yang pasti, karena belum diserahkan rekomendasi itu ke KPU. Jadi sekali lagi sampai dengan malam terakhir masih bisa berubah,” katanya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)