Home > Ragam Berita > Nasional > Sandiaga Uno Imbau Masyarakat yang Merantau ke Jakarta Memiliki Keahlian

Sandiaga Uno Imbau Masyarakat yang Merantau ke Jakarta Memiliki Keahlian

Jakarta – Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan Pemprov DKI tidak bisa melarang masyarakat daerah untuk masuk ke Jakarta. Namun, ia mengimbau agar masyarakat yang datang untuk merantau ke Jakarta memiliki kemampuan khusus.

Sandiaga Uno Imbau Masyarakat yang Merantau ke Jakarta Memiliki Keahlian

“Kita tidak bisa melarang. Tapi kita mengimbau, karena dari yang masuk 10, kalau tidak memiliki keahlian mereka akan pulang kembali tentunya dengan beban ekonomi yang lebih besar lagi,” ujar Sandi di Jalan Denpasar, Jakarta Pusat, Selasa (12/6/2018).

Menurut Sandi, keahlian yang dimiliki diharapkan bisa berguna untuk bertahan di tengah daya saing yang tinggi. Selain itu, kemampuan tersebut juga bisa dijadikan modal untuk bertahan hidup di Ibu Kota.

“Harus memiliki keahlian yang bisa memberikan harapan mereka untuk bertahan di Jakarta. Karena tanpa keahlian, Jakarta ini daya saingnya sangat tinggi,” katanya.

Untuk itu, sebelum memutuskan untuk merantau ke Ibu Kota, Sandi berharap masyarakat lebih dulu mengikuti pelatihan untuk mengasah keahlian masing-masing. Sehingga, saat datang ke Jakarta mereka bisa memiliki kesempatan untuk masuk ke angkatan kerja.

Baca juga: Pengamat Pendidikan Pertanyakan Aksi BIN Masuk ke Kampus

“Diberi training sehingga mereka bisa bertahan hidup di Jakarta. Jangan nanti mereka ke Jakarta malah jadi beban,” ucap Sandi.

Meski demikian, Sandi mengimbau agar masyarakat lebih mendahulukan pembangunan daerah dengan membuka lapangan pekerjaan baru terlebih dahulu sebelum memutuskan merantau. Sehingga, Jakarta tidak menanggung banyak beban dari masyarakat yang datang mengadu nasib.

“Kita ingin justru membangun ekonomi di daerah untuk membuka lapangan kerja di daerah supaya tidak terlalu banyak beban dari masyarakat yang urbanisasi ke Jakarta,” pungkasnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Gerindra Layangkan Kritik Terkait Kasus Tercecernya E-KTP

Gerindra Layangkan Kritik Terkait Kasus Tercecernya E-KTP

Jakarta – Sekretariat Nasional (Seknas) Prabowo-Sandi menggelar diskusi bertajuk ‘Pemilu Jujur dan Adil: Ilustrasi atau ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135