Home > Ragam Berita > Nasional > Anies Tak Melarang Pendatang Mencari Pekerjaan di Jakarta

Anies Tak Melarang Pendatang Mencari Pekerjaan di Jakarta

Jakarta – Lebaran akan segera tiba dan musim mudik pun telah mulai terasa. Para pendatang yang berada di kota-kota besar mulai kembali sementara ke kampung halaman mereka untuk berkumpul bersama sanak saudara. Hal itu pula yang terjadi di Ibukota DKI Jakarta.

Anies Tak Melarang Pendatang Mencari Pekerjaan di Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Namun biasanya para pendatang akan membawa para kerabat untuk mengadu nasib mereka di kota besar. Menanggapi kebiasaan tersebut, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku tidak melarang pendatang baru untuk mengadu nasib di Jakarta.

“Setiap warga memiliki hak yang sama untuk dapat pekerjaan di mana saja, Jakarta bukan negara sendiri dari Indonesia,” kata Anies Baswedan di Stasiun Senen, Minggu (10/06/2018).

Meski begitu, Anies menyarankan agar para pendatang agar tidak berfokus mencari kerja hanya di Jakarta saja. Menurutnya masih banyak kota besar lainnya dimana memiliki infrastruktur yang memadai dan peluang besar seperti Jakarta.

Baca juga : Benarkah PKS Bakal Usung Anies sebagai Calon Presiden ?

“Untuk dapat pekerja enggak harus ke Jakarta, ada di mana-mana. Makanya kenapa pemerintah membangun infrastruktur di mana-mana. Ya tapi kita juga tidak bisa melarang (orang) datang ke suatu tempat,” jelasnya.

Anies menambahkan bahwa pihaknya juga sudah mempersiapkan langkah antisipasi melonjaknya para pendatang baru di Jakarta. Anies mengatakan bahwa ia sudah membentuk sebuah tim gabungan untuk melakukan pendataan terhadap para pendatang baru. Nantinya bagi pendatang baru, Ia juga meminta agar melapor ke RT setempat untuk didata oleh Disdukcapil.

“Tugas kami mengatur tugas dukcapil. Kalau datang ke kota harus lapor selama 1×24 jam dan memenuhi tanggung jawab dan kewajiban sebagai WNI,” pungkas Mantan Kemendikbud ini.
(Muspri-harianindo.com)

x

Check Also

Ingin Kalahkan ‘Thanos’, Jokowi Ternyata Diam-Diam Bangun ‘Markas Avengers’ di Papua

Ingin Kalahkan ‘Thanos’, Jokowi Ternyata Diam-Diam Bangun ‘Markas Avengers’ di Papua

Jakarta – Setelah dunia internasional dihebohkan dengan isi pidato Presiden Jokowi di acara World Economic ...