Home > Ragam Berita > Nasional > Gunakan Metode Hisab, Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Rayakan Lebaran Hari Ini

Gunakan Metode Hisab, Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Rayakan Lebaran Hari Ini

Bogor – Sejumlah jemaah Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Jalaliyah melaksanakan shalat Idul Fitri pada hari ini, Rabu (13/6/2018).

Gunakan Metode Hisab, Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Rayakan Lebaran Hari Ini

Bertempat di Rumah Ibadah Suluh Darussalam, Kampung Pasir Jawa, Cigombong, Bogor, Jawa Barat, nampak para jemaah Tarekat Naqsabandiyah saling bersalaman usai melaksanakan shalat id.

Menurut perwakilan jemaah Tarikat Naqsabandiyah Al-Kholidiyah, Syekh Muda Maulana Syarif Alam, mereka menggunakan perhitungan dengan metode hisab yang menunjukkan 1 Syawal jatuh pada hari Rabu (13/6/2018).

“Jadi metode untuk menentukan tanggal itu kan ada dua. Pertama, hisab; dan kedua, hilal. Kita itu menggunakan metode hisab, metode hisab kamariah. Dan, berdasarkan hisab kamariah, tarekat Naqsabandiyah Al-Kholidiyah menggenapkan puasa selama 30 hari itu kemarin dan insyaallah tanggal 1 Syawal itu hari ini,” kata Maulana Syarif saat ditemui di Majelis Darussalam, Rabu (13/6/2018).

Untuk lokasi shalat id jemaah Tarikat Naqsabandiyah di Indonesia dipusatkan di tiga lokasi, yakni di Sumatera Utara, Kepulauan Riau, dan Pulau Jawa.

“Jadi ada tiga tempat yang menjadi pusat pelaksanaan salat id untuk Tarekat Naqsabandiyah. Pertama, di Sumatera Utara, kemudian di Kepulauan Riau, lalu di Pulau Jawa, yang dipusatkan di Bogor,” kata Maulana.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

KPK Jadwalkan Pemeriksaan Tubagus Chaeri Wardana

KPK Jadwalkan Pemeriksaan Tubagus Chaeri Wardana

Jakarta – Penyidik KPK menjadwalkan pemeriksaan Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan. Adik Ratu Atut Chosiyah ...