Home > Ragam Berita > Nasional > Hasil Sidang Isbat : Idul Fitri 1 Syawal 1439 H Jatuh Pada 15 Juni

Hasil Sidang Isbat : Idul Fitri 1 Syawal 1439 H Jatuh Pada 15 Juni

Jakarta – Setelah menggelar Sidang Isbat pada Kamis (14/6/2018), pemerintah melalui Kementerian Agama mengumumkan bahwa Idul Fitri 1 Syawal 1439 H jatuh pada tanggal 15 Juni 2018.

Hasil Sidang Isbat : Idul Fitri 1 Syawal 1439 H Jatuh Pada 15 Juni

“Seluruh peserta sidang isbat bersepakat, dengan mendengarkan pertimbangan MUI, sidang isbat telah menetapkan 1 Syawal 1439 H jatuh pada hari Jumat 15 Juni 2018,” kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di kantor Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (14/6/2018).

“Sebagaimana yang dipaparkan tadi bahwa posisi hilal adalah di antara 6 derajat 4 menit sampai 7 derajat 34 menit dari seluruh wilayah tanah air ini,” imbuhnya.

Menurut Lukman, ada setidaknya 12 pengamat rukyatul hilal yang bersaksi telah melihat hilal. Pengamat tersebut berada di kawasan Manado, Palu, dan Gresik.

“Sampai dengan sidang isbat dibuka kami telah menerima 12 kesaksian, kenyataannya jauh lebih banyak. Ada dari Manado, dari Palu, dari Gresik. Seluruhnya menyatakan kesaksikannya telah melihat hilal,” ujar Menag.

Sidang Isbat dihadiri pula oleh Ketua Umum MUI KH Ma’ruf Amin, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher, serta perwakilan dari PBNU dan Muhammadiyah.
(samsul arifin – harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Polda Metro Jaya : Penyebutan Jendral Polri oleh Novel Baswedan Masih Sebatas Asumsi

Polda Metro Jaya : Penyebutan Jendral Polri oleh Novel Baswedan Masih Sebatas Asumsi

Jakarta – Polda Metro Jaya masih belum bisa mengungkap siapa sosok di balik penyiraman air ...