Home > Ragam Berita > Nasional > Tito Karnavian Tegaskan Arus Balik Padat Terjadi pada 18-20 Juni

Tito Karnavian Tegaskan Arus Balik Padat Terjadi pada 18-20 Juni

Jakarta – Kapolri Jenderal Tito Karnavian memprediksi arus balik mudik Lebaran berlangsung pada 18 hingga 20 Juni mendatang. Jumlah rekayasa lalu lintas sudah disiapkan Polri. Termasuk, opsi untuk menutup sementara akses masuk Tol Dalam Kota untuk mengurai kepadatan di gerbang tol Cikarang Utama.

Tito Karnavian Tegaskan Arus Balik Padat Terjadi pada 18-20 Juni

Tito Karnavian

“Khusus yang Jakarta, kalau antrean di Cikarut panjang, Cawang panjang, maka di jam itu enggak boleh ada kendaraan yang masuk Tol Dalam Kota, yang masuk Tebet, Warung Buncit, dan Cawang. Semua harus jalur arteri, pintu tol ditutup. Pintu tol hanya untuk menguras kendaraan yang masuk dari Cikarang Utama dan Cawang,” kata Tito di Posko Terpadu Cikopo, Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (14/6/2018).

Namun, menurut Tito, opsi tersebut berlaku situasional dan jika diperlukan saat kondisi arus balik padat. Nantinya, petugas kepolisian akan berjaga di setiap titik tol untuk memberikan arahan apabila ada penutupan atau pembukaan pintu Tol Dalam Kota.

“Itu situasional ketika arus dari Cikarut terasa banyak. Dari Cawang juga segera melakukan perintah. Setiap titik tol dalam kota ada petugas yang ada untuk menguras,” ujar dia.

Lebih lanjut, Tito mengimbau para pemudik untuk kembali ke Jakarta tidak mendekati hari masuk kerja. Ia juga mengingatkan masyarakat untuk terus memperhatikan informasi soal titik kemacetan, untuk menghindari penumpukan kendaraan saat arus balik.

“Lebaran kemungkinan tanggal 15,16, dan 17 (Juni), kemudian masyarakat oleh pemerintah diberi cuti tanggal 20 sehingga kita perkirakan arus balik bisa tanggal 18. Tapi pastinya tanggal 19-20 sudah kembali, karena tanggal 21-22 itu sudah mulai bekerja,” ucap Tito. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Gerindra Layangkan Kritik Terkait Kasus Tercecernya E-KTP

Gerindra Layangkan Kritik Terkait Kasus Tercecernya E-KTP

Jakarta – Sekretariat Nasional (Seknas) Prabowo-Sandi menggelar diskusi bertajuk ‘Pemilu Jujur dan Adil: Ilustrasi atau ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135