Home > Ragam Berita > Nasional > Kapolri Pantau Arus Mudik di Beberapa Ruas

Kapolri Pantau Arus Mudik di Beberapa Ruas

Jakarta – Kapolri Jenderal Tito Karnavian kembali melakukan pantauan melalui udara ke sejumlah ruas jalan yang dilalui selama arus mudik Lebaran, Kamis (14/6/2018) dari pagi hingga siang ini. Dari hasil tinjauannya, Tito menjelaskan di H-1 Lebaran, arus mudik sudah terpantau lancar.

Kapolri Pantau Arus Mudik di Beberapa Ruas

Kapolri Jenderal Tito Karnavian

“Saya melihat secara umum dibanding tahun sebelumnya ini relatif lancar apalagi dibanding tahun-tahun sebelumnya di tahun 2016 ke bawah karena tahun ini terjadinya hanya beberapa titik saja,” ujar Tito di Pos Terpadu, Cikopo, Jawa Barat, Kamis (14/6).

Namun, yang perlu menjadi perhatian bagi masyarakat adalah soal arus balik. Tito menjelaskan, arus balik diprediksi akan terjadi dari tanggal 18-20 Juni mendatang.

“Lebaran kemungkinan tanggal 15,16 dan 17 kemudian masyarakat oleh pemerintah diberi cuti tanggal 20. Sehingga kita perkirakan arus balik bisa tanggal 18 tapi pastinya tanggal 19-20 sudah kembali. Karena tanggal 21-22 itu sudah mulai bekerja,” ujar Tito.

Karena itu, Tito mengimbau masyarakat untuk tidak kembali ke Jakarta secara bersamaan mendekati hari masuk kerja. “Kita beri imbauan ke masyarakat, kalau ingin kembali tanggal 17. Syukur-syukur tanggal 17, 18, 19, 20,” ujarnya.

“Kalau terlanjut ambil cuti di 21 dan 22, kembali saja di hari berikutnya. Kita harapkan tidak terjadi penumpukan di tanggal 19 atau 20,” jelasnya.

Baca juga: Gerindra Imbau Nuruzzaman Ralat Pernyataannya

Berdasarkan prediksi ini, Tito mengimbau masyarakat untuk terus memperhatikan informasi soal titik kemacetan. Hal ini untuk mencegah terjadinya penumpukan kendaraan saat arus balik.

“Tapi tolong ikuti terus perkembangan arus lalu lintas, baik melalui media dan aplikasi lain. Jangan terjun bebas saja aman, pulang. Macet, tahan dulu,” jelas Tito. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

KPK Jadwalkan Pemeriksaan Tubagus Chaeri Wardana

KPK Jadwalkan Pemeriksaan Tubagus Chaeri Wardana

Jakarta – Penyidik KPK menjadwalkan pemeriksaan Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan. Adik Ratu Atut Chosiyah ...