Home > Ragam Berita > Nasional > KH Ma’ruf Amin Tegaskan Fatwa Larangan WNI ke Israel Belum Diperlukan

KH Ma’ruf Amin Tegaskan Fatwa Larangan WNI ke Israel Belum Diperlukan

Jakarta – Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah meminta agar Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa larangan ke Israel. Hal itu untuk menghindari kejadian serupa yang dilakukan Katib Aam PBNU yang juga anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya). Namun permintaan tersebut ditolak oleh Ketua MUI KH Ma’ruf Amin.

KH Ma'ruf Amin Tegaskan Fatwa Larangan WNI ke Israel Belum Diperlukan

Ma’ruf Amin

Ma’ruf Amin menilai, fatwa tersebut belum perlu. Dan pelarangan itu menjadi kewenangan suatu negara bukan wewenang dari MUI.

“Kita menganggap belum perlu ya. Karena itu urusannya ada diplomatik soal keagamaan. Jadi kalau kita melarang ke Israel itu harus ada alasannya, jadi harus memerlukan alasan yang tepat kan. Itu yang melarang mestinya negara. Bukan MUI,” kata Ma’ruf Amin usai sidang Isbat di Kementerian Agama RI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (14/6/2018).

Terkait kunjungan Gus Yahya ke Israel, ia mengaku hingga kini belum bertatap muka secara langsung. Dengan demikian, ia tidak bisa menilai apakah kunjungan Gus Yahya ke Israel itu baik atau tidak. Menurutnya, ia memerlukan waktu untuk tabayun secara langsung dengan Yahya.

Baca juga: Sandiaga Uno : Zakat Dapat Kurangi Kesenjangan Sosial

“Saya harus dengar dulu dari pada Gus Yahya, jangan main kecam-kecam aja,” ucapnya.

Sebelumnya, kunjungan Gus Yahya ke Israel untuk memenuhi undangan American Jewish Commitee (AJC) menuai polemik. Gus Yahya sebagai pejabat negara dianggap tidak memiliki empati terhadap rakyat Palestina. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Polemik Sampah DKI, Anies Diminta Tak Pikirkan Becak Saja

Polemik Sampah DKI, Anies Diminta Tak Pikirkan Becak Saja

Jakarta – Fraksi Hanura DKI Jakarta kali ini komentari Wakil Wali Kota Bekasi yang membandingkan ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135