Home > Ragam Berita > Nasional > Kemenkum HAM Berikan Remisi kepada Puluhan Ribu Napi

Kemenkum HAM Berikan Remisi kepada Puluhan Ribu Napi

Jakarta – Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) memberi Remisi Khusus Hari Raya Idul Fitri 1439 H kepada 80.430 narapidana beragama Islam di seluruh Indonesia.

Kemenkum HAM Berikan Remisi kepada Puluhan Ribu Napi

Ilustrasi

Sebanyak 446 orang narapidana di antaranya langsung bebas. Sementara sisanya sebanyak 79.984 orang masih harus menjalani sisa pidana setelah dapat remisi.

Berdasarkan informasi dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham, saat ini terdapat 250 ribu orang napi dan tahanan yang menghuni lapas sedangkan kapasitas atau daya tampung yang tersedia hanya untuk 124 ribu orang saja.

Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sri Puguh Budi Utami mengatakan bahwa remisi tersebut dapat mengurangi kelebihan daya tampung sekaligus menghemat anggaran negara.

“Remisi ini paling tidak dapat mengurangi kelebihan daya tampung karena napi dapat lebih cepat bebas dengan pengurangan masa menjalani pidana sekaligus menghemat anggaran negara,” kata Utami dalam keterangan tertulisnya, Rabu (13/6/2018).

Baca juga: Menag Minta seluruh Imam Salat Id Berikan Khotbah Berisi Kedamaian

Utami berharap agar pemberian remisi dapat memotivasi narapidana agar mencapai penyadaran diri untuk terus berbuat baik sehingga menjadi warga yang berguna bagi pembangunan, baik selama menjalani masa pidana maupun setelahnya.

“Selain itu pemberian remisi juga merupakan wujud negara hadir untuk memberikan penghargaan bagi wargabinaan atas segala pencapaian positif itu,” kata Utami. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Polda Metro Jaya : Penyebutan Jendral Polri oleh Novel Baswedan Masih Sebatas Asumsi

Polda Metro Jaya : Penyebutan Jendral Polri oleh Novel Baswedan Masih Sebatas Asumsi

Jakarta – Polda Metro Jaya masih belum bisa mengungkap siapa sosok di balik penyiraman air ...