Home > Ragam Berita > Nasional > Mendagri Tegaskan Tidak Ada Pertimbangan Khusus Dalam Pemilihan Iriawan

Mendagri Tegaskan Tidak Ada Pertimbangan Khusus Dalam Pemilihan Iriawan

Jakarta – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyebutkan bahwa penunjukan Komjen Pol M Iriawan sebagai penjabat Gubernur Jawa Barat sudah sesuai aturan dan undang-undang.

Mendagri Tegaskan Tidak Ada Pertimbangan Khusus Dalam Pemilihan Iriawan

Hal itu dikatakan Tjahjo merespons pro kontra penunjukan M Iriawan sebagai penjabat Gubernur Jawa Barat. Iriawan secara resmi menjadi penjabat Gubernur Jawa Barat sesuai Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 106/P Tahun 2018 tentang pengesahan pemberhentian dengan hormat Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat masa jabatan tahun 2013-2018 dan pengangkatan penjabat Gubernur Jawa Barat.

Tjahjo menjelaskan, tak ada pertimbangan khusus menunjuk Iriawan sebagai pengganti Ahmad Heryawan yang purnatugas.

“Kalau saya melanggar UU pasti akan dipecat Pak Presiden. Saya sesuai UU, tidak akan mungkin sebagai Mendagri membuat sebuah kebijakan melantik sesorang tanpa dasar hukum. Kalau saya melanggar, biar dipecat Pak Presiden,” tutur Tjahjo usai pelantikan di Gedung Merdeka, Bandung, Senin (18/6/2018).

“Dulu itu kan orang curiga, belum-belum curiga. Kan gak mungkin dong saya mengusulkan orang kemudian menjerumuskan Pak Presiden. Saya sesuai aturan dan UU karena nama yang saya usulkan saya kirim kepada Pak Presiden,” tambahnya.

Baca juga: Jokowi Keluarkan Surat SP3, Rizieq Layangkan Terima Kasih

Tjahjo menuturkan, ia sempat menyodorkan sejumlah nama untuk menggantikan Ahmad Heryawan kepada Presiden Jokowi. Dalam rapat yang dimediasi oleh Menkopolhukam, Wiranto itu disepakati tidak menunjuk pejabat aktif TNI dan Polri untuk menjaga netralitas.

“Ya sudah akhirnya dengan Pak Iriawan dimutasikan dari pejabat aktif Mabes Polri ke lembaga yang struktur eselonnya sama dengan Dirjen, ya sudah gak ada masalah. Sesuai aturan dan mekanisme yang ada,” tuturnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

BNN Berhasil Bongkar Modus Peredaran Sabu-Sabu di Muara Enim

BNN Berhasil Bongkar Modus Peredaran Sabu-Sabu di Muara Enim

Muara Enim – Badan Narkotika Nasional (BNN) mengungkap peredaran sabu-sabu modus baru di Kabupaten Muara ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135