Home > Ragam Berita > Nasional > PAN Masih Pelajari Hak Angket Terkait Pengangkatan Pj Gubernur Jabar Komjen Iriawan

PAN Masih Pelajari Hak Angket Terkait Pengangkatan Pj Gubernur Jabar Komjen Iriawan

Bandung – Partai Amanat Nasional (PAN) hingga kini masih mempelajari usulan Partai Demokrat, yang akan mengajukan hak angket terkait keputusan Presiden Joko Widodo yang mengangkat Komjen Pol M Iriawan sebagai Penjabat Gubernur Jawa Barat.

PAN Masih Pelajari Hak Angket Terkait Pengangkatan Pj Gubernur Jabar Komjen Iriawan

Partai Amanat Nasional (PAN)

Pelantikan mantan Kapolda Metro Jaya itu, dilakukan oleh Mendagri Tjahjo Kumolo, pada Senin (18/6/2018) di Gedung Sate, Bandung. “Terkait usulan penggunaan hak angket, kami tentu akan pelajari dulu. Terutama argumen yuridis yang akan diangkat oleh partai pengusung,” kata Wasekjen PAN Saleh P Daulay pada Selasa (19/6/2018).

Diakui mantan ketum Pemuda Muhammadiyah itu, pelantikan Iriawan tersebut sangat rawan menimbulkan masalah. Terutama yang dianggapnya berbahaya, adalah dugaan pelanggaran sejumlah aturan perundang-undangan.

“Dan penjelasan pemerintah terkait masalah ini dinilai belum memadai untuk menjawab semua pertanyaan yang mengiringi pelantikan Pj Gubernur Jawa Barat tersebut,” kata Saleh.

Hak Angket adalah salah satu hak yang dimiliki oleh DPR. Untuk menyelidiki suatu persoalan yang diduga dilakukan pihak pemerintah.

Baca juga: Pengacara Habib Rizieq Tegaskan Sudah Ajukan SP3 sejak Tahun Lalu

Karena itu, PAN kata Saleh, tidak hanya ingin usulan angket ini hanya pada wacana saja. Sebab kalau ada yang salah, maka memang jalur politik yang bisa digunakan adalah hak angket.

Namun, PAN ingin, angket itu benar-benar tuntas. Tidak hanya wacana atau selesai di tengah jalan. “Itulah sebabnya kami terlebih dahulu mendalami semua aspek terkait usulan ini. Harus dipahami bahwa pengusulan Hak Angket termasuk langkah politik yang membutuhkan perhatian dan pikiran serius. Kalau sudah diajukan, tidak boleh main-main. Harus tuntas dan tidak berhenti di tengah jalan,” ucap Saleh. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

PKS Anggap PSI Gagal Paham Soal Penolakan Perda Syariah

PKS Anggap PSI Gagal Paham Soal Penolakan Perda Syariah

Jakarta – Kali ini, banyak pihak dari partai politik berbasis massa Islam untuk merespon pernyataan ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135