Home > Ragam Berita > Nasional > Kritik Pengangkatan Komjen Pol Mochamad Iriawan, ACTA Minta Mendagri di Non-Aktifkan

Kritik Pengangkatan Komjen Pol Mochamad Iriawan, ACTA Minta Mendagri di Non-Aktifkan

Jakarta – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dianggap telah menyalahi UU Nomor 10 tahun 2016 tentang Pilkada terkait pelantikan Komjen Pol Mochamad Iriawan sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat.

Kritik Pengangkatan Komjen Pol Mochamad Iriawan, ACTA Minta Mendagri di Non-Aktifkan

Kritik Pengangkatan Komjen Pol Mochamad Iriawan, ACTA Minta Mendagri di Non-Aktifkan

Dimana dalam aturan tersebut tertulis untuk mengisi kekosongan Gubernur haruslah setingkat dengan pejabat tinggi madya.

Atas dasar itu, Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) berharap agar Menteri Tjahjo agar segera di non-aktifkan. Menurut ACTA perwira tinggi di korps Bhayangkara tidak dapat disamakan dengan pegawai negeri sipil.

“Jelas (ada pelanggaran) di UU Pilkada ada ketentuan yang mengganti tugas pelaksana itu kan pejabat tinggi madya atau yang sederajat. Saya pikir orang di kepolisian tidak dapat disederajatkan dengan pejabat tinggi madya. Pejabat tinggi madya itu adalah PNS,” ujar Ketua Dewan Pembina Advokat Cinta Tanah Air (ACTA), Habiburokhman, saat ditemui di Kawasan Menten, Jakarta selatan, Senin (18/06/2018).

Baca juga : PAN Masih Pelajari Hak Angket Terkait Pengangkatan Pj Gubernur Jabar Komjen Iriawan

Habiburokhman menilai bahwa dalam pelantikan ini telah terjadi kesalahan yang bersifat maladministrasi karena menyalahi aturan. Ia pun mengatakan bahwa ACTA telah melaporkan hal ini kepada Ombudsman.

“Waktu menjadi wacana, Ombudsman sudah mengeluarkan pernyataan yang menurut kami resmi karena dua komisonernya mengutip ketuanya bahwa itu maladministrasi,” jelasnya.

Atas dasar itu, ACTA menilai Tjahjo Kumolo harus dinonaktifkan karena masih menuruskan proses pelantikan Mochamad Iriawan.

“Kalau maladministrasi sudah disampaikan jauh-jauh hari tapi tetap dilakukan maka saya mengusulkan Mendagri di nonaktifkan,” pungkasnya.
(Muspri-harianindo.com)

x

Check Also

Inilah Alasan TGB Tetap Berikan Dukungan kepada Jokowi

Inilah Alasan TGB Tetap Berikan Dukungan kepada Jokowi

Jakarta – Gubenur Nusa Tenggara Barat (NTB) yang juga kader potensial Partai Demokrat, Tuan Guru ...