Home > Ragam Berita > Internasional > Cina Berharap Pyongyang dan Washington Wujudkan Hasil Pertemuan pada 12 Juni

Cina Berharap Pyongyang dan Washington Wujudkan Hasil Pertemuan pada 12 Juni

Beijing – Presiden Cina, Xi Jinping, mengatakan kepada pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, dalam pertemuan Selasa 19 Juni kemarin bahwa ia berharap Pyongyang dan Washington dapat sepenuhnya melaksanakan hasil pertemuannya dengan Donald Trump 12 Juni lalu, di mana Kim berjanji untuk menuju denuklirisasi.

Cina Berharap Pyongyang dan Washington Wujudkan Hasil Pertemuan pada 12 Juni

Kantor berita Cina, CCTV, seperti dilaporkan Associated Press, 20 Juni 2018, memberitakan Xi Jinping mengatakan kepada Kim Jong Un bahwa melalui upaya bersama negara-negara yang bersangkutan, negosiasi mengenai isu-isu di Semenanjung Korea kembali ke jalurnya dan situasi sepenuhnya bergerak ke arah perdamaian dan stabilitas.

“Pertemuan antara Kim Jong Un dan Donald Trump di Singapura menandai langkah penting menuju solusi politik untuk mengakhiri masalah nuklir Semenanjung Korea,” kata Xi Jinping.

Cina berharap Korea Utara dan Amerika Serikat dapat melaksanakan dengan baik hasil yang dicapai di KTT, dan Cina akan selalu memainkan peran konstruktif dalam proses itu,” lanjut Xi.

Kunjungan dua hari Kim Jong Un ke Cina sejak Selasa kemarin adalah kunjungan ketiga Kim ke Cina sejak Maret, dan pertemuan ini menyoroti peran penting Cina dalam upaya AS dan lainnya untuk membuat Korea Utara membatalkan program nuklirnya. Kim Jong Un dan istrinya, Ri Sol Ju, disambut oleh Xi Jinping dan istrinya, Peng Liyuan, dengan kehormatan militer penuh.

Baca juga: Inilah Alasan Raja Salman Pecat Kepala Hiburan Arab Saudi

Xi Jinping mengatakan kepada Kim Jong Un ia sangat senang melihat hasil positif dari pertemuannya dengan Trump, dan kesepakatan penting yang dicapai untuk denuklirisasi dan pengaturan mekanisme perdamaian.

“Tidak peduli perubahan dalam situasi internasional dan regional, partai Cina dan menegaskan posisi pemerintah yang berdedikasi untuk mengkonsolidasi dan mengembangkan hubungan Cina-Korea Utara tidak akan berubah,” kata Xi, sebagaimana diberitakan Reuters pada Rabu (20/6/2018).

x

Check Also

SPRM Kembali Menahan Najib Razak Terkait Kasus 1MDB

SPRM Kembali Menahan Najib Razak Terkait Kasus 1MDB

Kuala Lumpur – Komisi Pemberantasan Korupsi atau Suruhanjaya Pencegahan Rasuah Malaysia (SPRM) telah menahan bekas ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135