Home > Ragam Berita > Nasional > 3 Partai Wacanakan Hak Angket soal Pengangkatan Komjen Iriawan

3 Partai Wacanakan Hak Angket soal Pengangkatan Komjen Iriawan

Jakarta – Sejumlah partai politik yang tidak mendukung pemerintahan saat ini berniat untuk mengajukan hak angket di DPR. Wacana tersebut muncul setelah Komjen M Iriawan dilantik menjadi Pj Gubernur Jabar.

3 Partai Wacanakan Hak Angket soal Pengangkatan Komjen Iriawan

Pelantikan Komjen Iriawan

Ide tersebut berawal dari Partai Demokrat yang menilai pelantikan Komjen Iriawan sebagai Pj Gubernur Jabar berpotensi melanggar Undang-Undang tentang Kepolisian, Undang-Undang tentang Pilkada, dan Undang-Undang tentang Aparatur Sipil Negara.

Partai Demokrat menyebut Pasal 13 huruf a dan b UU Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Republik Indonesia dan ketentuan Tap MPR Nomor VII/MPR/2000 dalam Pasal 10 ayat 3 bahwa anggota Polri dapat menduduki jabatan di luar kepolisian setelah mengundurkan diri atau pensiun.

“Demokrat berencana akan mengajukan hak angket di DPR,” kata Kepala Divisi Advokasi dan Bantuan Hukum DPP Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean, Senin (18/06/2018).

Baca juga : Persatuan Gereja Menilai Pengangkatan Komjen Iriawan Bisa Menimbulkan Kegaduhan

Selain Partai Demokat, ada juga Partai Gerindra yang menilai bahwa hak angket sebagai langkah untuk meluruskan pemerintahan saat ini.

“Soal Partai Demokrat mau angket ataupun gugatan ke PTUN ataupun yang lainnya saya setuju sebagai bagian dari sikap kritis dan keinginan meluruskan jalannya pemerintahan yang sewenang-wenang,” kata Waketum Gerindra Ferry Juliantono, Senin (18/06/2018).

Senada dengan Demokrat dan Gerindra, PKS juga berencana akan mengajukan hak angket. Tujuannya untuk menginvestigasi dugaan penyimpangan yang terjadi.

“PKS sesuai dengan fungsi pengawasannya akan juga mengajukan hak angket terhadap masalah ini. Ini bentuk penyimpangan yang harus diinvestigasi dengan saksama,” kata Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera, Senin (18/06/2018).
(Muspri-harianindo.com)

x

Check Also

Ngabalin Diangkat Jadi Komisaris BUMN, Gerindra : "Jangan Bagi-bagi Kue"

Ngabalin Diangkat Jadi Komisaris BUMN, Gerindra : “Jangan Bagi-bagi Kue”

Jakarta – Perihal pengangkatan Ali Mochtar Ngabalin menjadi anggota dewan komisaris Angkasa Pura I beberapa ...