Home > Ragam Berita > Nasional > Pemerintah Belum Pasti Menetapkan Pilkada Serentak Menjadi Hari Libur Nasional

Pemerintah Belum Pasti Menetapkan Pilkada Serentak Menjadi Hari Libur Nasional

Jakarta – Di 171 daerah yang melaksanakan pilkada serentak 2018 pada Rabu, 27 Juni 2018, memang telah dipastikan akan diberlakukan hari libur. Terkait hal itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengatakan bahwa pemberlakuan hari libur di daerah-daerah tersebut merupakan amanat dari Undang Undang Pemilu.

Pemerintah Belum Pasti Menetapkan Pilkada Serentak Menjadi Hari Libur Nasional

“Undang-undang menyebutkan pemilihan kepala daerah, pileg, pilpres, diselenggarakan di hari libur atau hari yang diliburkan. Jadi memang (daerah-daerah yang melaksanakan pilkada) harus libur, itu perintah undang-undang,” ujar Arief di kantor KPU Pusat, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu, (24/6/2018).

Menurut Arief, pihaknya belum bisa memastikan jika libur akan diberlakukan juga secara nasional. Hingga kini, Pemerintah pusat masih terus mengkaji pemberlakuan kebijakan yang nantinya bakal diatur oleh keputusan Presiden (keppres) tersebut.

“Yang jelas untuk daerah-daerah yang menyelenggarakan pemilihan kepala daerah harus libur karena perintah undang-undang,” ujar Arief.

Pemerintah pusat mengkaji untuk menerapkan libur nasional guna meninggikan tingkat partisipasi di pilkada. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto menyampaikan, kebijakan dipertimbangkan karena banyaknya warga di 171 daerah itu yang beraktivitas di daerah lain.

“Tadi diusulkan oleh KPU, alangkah baiknya jika kemudian diliburkan secara nasional,” ujar Wiranto usai Rapat Koordinasi Khusus di Kementerian Bidang Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat, (22/6/2018).

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Djarot Yakin Sebagian Kader Gerindra Ingin Dukung Jokowi

Djarot Yakin Sebagian Kader Gerindra Ingin Dukung Jokowi

Jakarta – Djarot Saiful Hidayat mengungkapkan bahwa saat ini banyak kader partai pendukung oposisi yang ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135