Home > Ragam Berita > Nasional > Asman Abnur Imbau PNS Netral Selama Pilkada 2018 Diselenggarakan

Asman Abnur Imbau PNS Netral Selama Pilkada 2018 Diselenggarakan

Jakarta – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur mewanti-wanti agar PNS tetap netral selama Pilkada 2018 digelar. Ia menyebut, ada sejumlah sanksi yang diberikan jika ada PNS yang melanggar aturan tersebut.

Asman Abnur Imbau PNS Netral Selama Pilkada 2018 Diselenggarakan

Menpan-RB, Asman Abnur

“Sampai pemecatan. Nah yang sedang itu bisa tunjangan tidak diberikan, atau penurunan pangkat satu tingkat atau dua tingkat,” ucap Asman Abnur, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (26/6/2018).

Dia mengatakan, ada sejumlah tahapan untuk mengetahui pelanggaran yang dilakukan PNS terkait pilkada. Dia menjelaskan, mulanya, PNS yang diduga tak netral akan dicatat oleh Panwaslu di lapangan. Setelah itu, Kemenpan RB akan menggelar sidang atas laporan dari Panwaslu tersebut.

“Sidang untuk memutuskan hukuman sedang dan berat. Nah tergantung kesalahan yang dilakukan,” lanjutnya.

Asman Abnur mengatakan, untuk mengantisipasi hal itu, ia bersama sejumlah instansi terkait telah membentuk tim.

“Tim yang terdiri dari Kemendagri, KASN (Komite Aparatur Sipil Negara), Kemenpan, BKN. Tapi proses pemberian sanksi tetap melalui temuan Bawaslu dulu,” kata Asman Abnur.

Baca juga: Ali Mochtar Ngabalin Nilai SBY Sedang Naikkan Elektabilitas

Asman menegaskan hingga kini belum ada laporan dari Bawaslu terkait PNS yang tak netral di pilkada. Namun, ia masih belum memastikan. Sebab, bisa jadi kasus PNS yang netral memang ada namun laporannya belum sampai ke Kemenpan RB.

“Tapi kan belum bisa saya katakan ada karena belum sampai ke kami. Ada prosesnya begitu, ada mekanisme yang harus dilalui. Orang itu diberikan hukuman ketidaknetralan atau tidak,” tuturnya. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

x

Check Also

OK OCE Mart Tutup, Sandiaga : "Itu Namanya Bisnis"

OK OCE Mart Tutup, Sandiaga : “Itu Namanya Bisnis”

Jakarta – Mengenai adanya penutupan pada gerai OK OCE Mart, Sandiaga Uno mengakui bahwa terdapat ...