Jakarta – Hasil real count Pilkada serentak 2018 terbaru diunggah oleh KPU melalui situs resminya. Namun, sayangnya data terbaru real count tersebut untuk sementara waktu ini tak bisa dipantau.

Data Real Count Pilkada Sementara Tidak Bisa Dipantau dari Website KPU

Pada Sabtu (30/9/2018) pukul 18.40 WIB, halaman di situs resmi KPU yang menyajikan data real count tak aktif. Terdapat tulisan bahwa untuk sementara waktu halaman tersebut tak bisa diakses.

“Untuk meningkatkan pelayanan terhadap informasi tentang pemilihan, sementara waktu layanan ini tidak kami aktifkan,” tulis KPU dalam halaman tersebut.

Belum ada keterangan resmi dari pihak KPU terkait penghentian operasional halaman tersebut.

KPU sebelumnya menyajikan data real count seluruh Pilkada 2018, baik tingkat kabupaten/kota maupun provinsi, di halaman tersebut. Artinya, data dari 171 daerah yang menyelenggarakan pilkada terangkum di halaman tersebut.

Baca juga: Mendikbud Tegaskan Sudah Bahas Program Revitalisasi SMK di Jakarta dengan Anies

Sementara itu, pada Jumat (29/6/2018) pukul 17.00 WIB, terdapat beberapa provinsi yang data suara pilkadanya telah masuk lebih dari 90 persen. Di antaranya Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, hingga Maluku Utara.

Namun, ada juga data yang telah masuk 100 persen, yakni Pilkada Bali. Dari data real count KPU, Pilkada Bali 2018 dimenangkan oleh pasangan calon Wayan Koster-Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati (Ace). Koster-Ace meraih 57,62 persen atau 1.211.556 suara. Sedangkan rivalnya, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra-I Ketut Sudikerta mendapatkan 42,38 persen atau 891.170 suara. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)