Assen – Pembalap Tim Ducati Corse, Andrea Dovizioso, mengaku mengalami berbagai kendala saat tampil di MotoGP Belanda 2018, Minggu 1 Juli 2018 malam WIB. Tetapi, masalah terbesar yang dialami Dovizioso terletak pada ban kendaraannya.

Dovizioso Beberkan Kendala saat Mengaspal di MotoGP Belanda 2018

Dovizioso mengaku harus sangat berhati-hati dalam memilih ban yang digunakan untuk balapan di Sirkuit Assen, Belanda. Hal ini dilakukan agar penampilan yang ditunjukkan pembalap berjuluk The Little Dragon itu bisa maksimal.

Meski telah berhati-hati, Dovizioso mengaku tetap mengalami masalah selama melakoni balapan pada akhir pekan ini. Beruntung, ia dapat mengatasinya dengan mengubah gaya balapannya. Dengan begitu, pembalap asal Italia itu pun dapat finis di posisi keempat dengan catatan waktu 41 menit 16,285 detik.

“Saya puas dengan gaya mengemudi saya di perlombaan kali ini. Tetapi, kami harus berhati-hati dalam memilih ban demi menghindar dari masalah ban belakang. Kami pun memutuskan untuk memilih ban yang keras,”ujar Dovizioso sebagaimana diberitakan Speedweek pada Selasa (3/7/2018).

“Ban mengalami perbedaan yang kontras dengan 2017. Jika kehilangan cengkeraman di akhir balapan, saya akan berantakan. Tahun lalu, kami mampu mengendalikan ban dan masih cepat hingga akhir balapan. Tetapi, kami tidak dapat mengubah karakteristik ban jadi kami harus menyesuaikan motor dan gaya mengemudi,” lanjutnya.

“Hal ini saya lakukan ketika balapan di Qatar. Saya tidak bisa membuat perbedaan dengan yang lain dalam tiga lap terakhir. Kondisi ini membuktikan bahwa ban musim ini berbeda dari tahun sebelumnya,” tukas Dovizioso. (Tita Yanuantari – harianindo.com)