Home > Ragam Berita > Nasional > Hasil Survei SMRC : Mahfud MD dan Sri Mulyani Paling Disuka Jadi Cawapres

Hasil Survei SMRC : Mahfud MD dan Sri Mulyani Paling Disuka Jadi Cawapres

Jakarta – Hasil survei terbaru terkait calon wakil presiden yang dilakukan lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan bahwa nama mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD dan Menteri Keuangan Sri Mulyani menjadi yang terpopuler.

Hasil Survei SMRC : Mahfud MD dan Sri Mulyani Paling Disuka Jadi Cawapres

Survei dilakukan dengan tiga kategori, yakni Penilaian Elite, Opinion Leader, dan Massa Pemilih Nasional’.

Ketiga kelompok ini memilih berdasarkan integritas, kapabilitas, empati, akseptabilitas, dan kontinuitas.

Menurut penuturan CEO SMRC, Djayadi Hanan, pemilihan nama tokoh yang diajukan berdasarkan informasi yang berkembang di media massa dan informasi awal dari elite dan opinion leader sebelum penelitian ini dilakukan.

Nama-nama tersebut yakni Agus Harimurti Yudhoyono, Ahmad Heryawan, Airlangga Hartarto, Anies Baswedan, Budi Gunawan, Chairul Tanjung, Gatot Nurmantyo, Grace Natalie, Joko Widodo (Jokowi), M Romahurmuziy, M Sohibul Iman, M Yusril Ihza Mahendra, M Zainul Majdi, Jusuf Kalla, Mahfud MD, Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto, Puan Maharani, Said Aqil Siradj, Sri Mulyani Indrawati, Syafruddin, dan Zulkifli Hasan.

“Dari sekian banyak tokoh yang dinilai berdasarkan lima kriteria kualitas personal, elite menilai Jokowi adalah tokoh dengan skor rata-rata paling tinggi. Setelah Jokowi adalah Jusuf Kalla,” kata Djayadi Hanan di kantor SMRC, Cikini, Jakart Pusat, Kamis (5/7/2018).

Setelah itu secara berurutan ada nama Mahfud MD, Airlangga Hartarto, Chairul Tanjung, Sri Mulyani Indrawati, dan Said Aqil Siraj.

Sedangkan opinion leader juga memiliki penilaian yang hampir sama dengan elite terkait tokoh di luar Jokowi, Prabowo, dan Jusuf Kalla.

“Adapun tokoh yang masuk 5 besar menurut penilaian opinion leader secara berurutan adalah Mahfud MD, Sri Mulyani Indrawati, Said Aqil Siraj, Airlangga Hartarto, dan M. Zainul Majdi,” ujar Djayadi.

Untuk pilihan massa, lima tokoh teratas yang dipilih yakni Gatot Nurmantio, Sri Mulyani Indrawati, Mahfud MD, M. Zainul Majdi, dan Anies Baswedan.

Dari pilihan tiga kelompok itu, meski tidak sepenuhnya sama, namun nama Mahfud MD dan Sri Mulyani memiliki skor tertinggi dan selalu masuk ke dalam lima besar pilihan.

“Mahfud MD dan Sri Mulyani Indrawati konsisten masuk dalam 5 besar dari penilaian 3 strata masyarakat tersebut,” terang Djayadi.
(samsul arifin – www.harianindo.com)

x

Check Also

Transjakarta Dikabarkan Terima Ratusan Bus Tahun Ini

Transjakarta Dikabarkan Terima Ratusan Bus Tahun Ini

Jakarta – PT Transjakarta menerima 400 bus tahun ini. Ratusan bus tersebut merupakan moda darat ...