Home > Ragam Berita > Internasional > Selamatkan Grup Sepak Bola dari Dalam Gua, Donald Trump Puji Pemerintah Thailand

Selamatkan Grup Sepak Bola dari Dalam Gua, Donald Trump Puji Pemerintah Thailand

Bangkok – Para pemimpin dunia menyampaikan ucapan selamat atas misi penyelamatan 12 remaja di tim sepakbola Wild Boar dan pelatih mereka yang terperangkap di dalam gua Tham Luang di Chiang Rai selama lebih dari dua minggu.

Selamatkan Grup Sepak Bola dari Dalam Gua, Donald Trump Puji Pemerintah Thailand

Donald Trump

Lima orang terakhir yang selamat dari gua tersebut dibawa keluar dengan selamat oleh tim penyelamat dan bergabung dengan delapan orang lainnya yang sudah lebih dahulu diselamatkan.

“Atas nama Amerika Serikat, selamat kepada Angkatan Laut Thailand dan semua tim, atas keberhasilan penyelamatan 12 anak laki-laki dan pelatih mereka dari gua berbahaya Thailand. Momen yang indah, semua dibebaskan, kerja bagus!” tulis Presiden Amerika Serikat Donald Trump sebagaimana ditulis di Twitter pada Rabu (11/7/2018).

Komando Pasifik Amerika Serikat (PACOM) juga telah mengirim tim ahli ke gua Tham Luang untuk membantu tim penyelamat Thailand dalam misi tersebut.

Sementara itu, Perdana Menteri Inggris Theresa May juga mengungkapkan kegembiraannya atas hasil positif yang terjadi di Chiang Rai. “Dunia sedang menyaksikan dan menghormati keberanian semua orang yang terlibat,” ujar May, sebagaimana dikutip Channel News Asia.

Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong juga memuji penyelamat “operasi rumit” itu dan mengatakan, misi tersebut adalah tampilan luar biasa kekuatan jiwa manusia.

“Ini adalah kisah inspiratif tentang apa yang bisa dicapai oleh negara dan kelompok yang berbeda dengan bekerja sama,” kata Lee lewat unggahan di Facebook.

Baca juga: PBB : Separo Anak-Anak Pedesaan di Korut Tidak Memiliki Air Bersih

Para ahli gua Inggris memainkan peran penting dalam misi penyelamatan dan menjadi tim penyelamat pertama yang menemukan anak-anak dan pelatih mereka di dalam gua sembilan hari setelah mereka hilang.

Selain ahli AS dan Inggris, tim penyelamat dari negara lain seperti Myanmar, Laos, Filipina, Jepang, China dan Australia juga berpartisipasi dalam operasi penyelamatan tersebut. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kim Jong-un Layangkan Surat kepada Donald Trump Perihal Kedua Negara

Kim Jong-un Layangkan Surat kepada Donald Trump Perihal Kedua Negara

Pyongyang – Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un mengirim surat untuk Presiden Amerika Serikat (AS) ...