Home > Ragam Berita > Nasional > Terkait Korupsi Rehab Sekolah DKI, KPK Pantau Berkoordinasi dengan Subvisi

Terkait Korupsi Rehab Sekolah DKI, KPK Pantau Berkoordinasi dengan Subvisi

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memantau dugaan korupsi rehabilitas 119 sekolah di DKI Jakarta. Kasus ini tengah diselidiki Polda Metro Jaya.

Terkait Korupsi Rehab Sekolah DKI, KPK Pantau Berkoordinasi dengan Subvisi

“Jadi, sebuah kasus yang sudah ditangani oleh kepolisian dan kejaksaan. Tapi, KPK melakukan koordinasi dengan subvisi,” kata juru bicara KPK Febri Diansyah di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Setiabudi, Jakarta Selatan, Kamis (12/7/2018).

KPK tak mengambil alih kasus ini sesuai ketentuan Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 Tentang KPK. Pasal 6 menyatakan tugas KPK berkoordinasi dengan instansi yang memberantas korupsi dan supervisi instansi berwenang.

Namun, kata Febri, KPK akan membantu dalam menangani kasus ini. Ia memastikan KPK tidak lepas tangan atas kasus tersebut. “Kami sudah memberikan banyak fasilitas apabila ditemukan kendala di lapangan karena di daerah kan banyak yang seperti itu,” beber Febri.

Pada kasus dugaan korupsi renovasi 119 sekolah, penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya telah memeriksa mantan Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Sopan Adrianto. Sopan memenuhi pemanggilan polisi pagi tadi pukul 10.15 WIB.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Adi Deriyan belum mau buru-buru menetapkan tersangka dalam kasus itu. Pihaknya bakal menyelidiki secara menyeluruh lebih dulu.

“Sampai selesai penyelidikan dulu,” ucap dia.

Baca juga: Ketua DPP Gerindra Ungkapkan Beberapa Nama Bakal Jadi Cawapres Prabowo

Proyek rehabilitasi sekolah di DKI menggunakan APBD 2017. Dana ini untuk perbaikan sekolah pada bagian bangunan secara keseluruhan.

Anggaran yang dikeluarkan untuk rehabilitasi tersebut mencapai Rp191 miliar. Proyek yang diprediksi akan selesai akhir 2017 tersebut sempat mengalami kendala dalam proses lelang. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

MA Jatuhkan Vonis 13 Tahun Penjara kepada Andi Narogong

MA Jatuhkan Vonis 13 Tahun Penjara kepada Andi Narogong

Jakarta – Mahkamah Agung memperberat vonis pengusaha Andi Agustinus alias Andi Narogong menjadi 13 tahun ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135