Home > Ragam Berita > Internasional > Puluhan Pelaku Kudeta di Turki Dijatuhi Hukuman Seumur Hidup

Puluhan Pelaku Kudeta di Turki Dijatuhi Hukuman Seumur Hidup

Ankara – Pengadilan Turki menjatuhkan hukuman seumur hidup kepada 72 terdakwa pada Kamis (12/7/2018). Hukuman berat itu dijatuhkan karena peran mereka dalam kematian 34 orang setelah mengambil alih sebuah jembatan bernama Jembatan Istanbul dalam sebuah upaya kudeta militer dua tahun lalu.

Puluhan Pelaku Kudeta di Turki Dijatuhi Hukuman Seumur Hidup

Diantara ke-72 terdakwa itu adalah seorang tentara berpangkat kolonel dan seorang mayor. Kantor berita Anadolu mewartakan, keduanya dituduh telah melakukan upaya menghancurkan perintah konstitusi. Dalam persidangan 12 Juli 2018, pengadilan juga menjatuhkan hukuman penjara lebih dari 15 tahun kepada 27 terdakwa karena dinilai membantu upaya kudeta.

Dalam kasus ini, para terdakwa awalnya dituntut dengan tuduhan telah sengaja membunuh warga sipil yang mematuhi seruan Presiden Turki, Tayyip Erdogan, untuk melawan komplotan orang-orang yang akan melakukan kudeta setelah para pembangkang itu dipukul mundur ke Jembatan Istanbul yang menghubungkan selat Bosphorus.

Vonis ini dijatuhkan bertepatan saat Turki memperingati dua tahun upaya kudeta militer yang terjadi pada 15 Juli 2016. Vonis juga bersamaan dengan suka cita kemenangan Presiden Erdogan dalam pemilu 2018 yang menjadikannya presiden dengan kekuasaan penuh.

Baca juga: Sheikh Abdel Aziem Al-Afifi Tutup Usia di Melbourne

Percobaan kudeta militer pada 15 Juli 2016 telah mendorong pemerintah Turki melakukan tindakan keras terhadap tentara, pegawai negeri dan akademisi yang dicurigai berhubungan dengan kelompok teroris yang berada dibalik upaya kudeta.

Sebuah lembaga HAM di Amerika Serikat pada Maret 2018 menyebut Turki telah menahan sekitar 160.000 orang dan memecat ribuan pegawai negeri sejak upaya kudeta berhasil digagalkan. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Pemerintah Arab Saudi Izinkan Turki Geledah Konsulatnya

Pemerintah Arab Saudi Izinkan Turki Geledah Konsulatnya

Ankara – Pemerintah Arab Saudi telah mengizinkan aparat keamanan Turki menggeledah kantor konsulatnya di Istanbul ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135