Home > Ragam Berita > Internasional > Pemerintah Thailand Resmi Tutup Gua Tham Luang untuk Umum

Pemerintah Thailand Resmi Tutup Gua Tham Luang untuk Umum

Chiang Rai – Wakil Direktur Jendral Departemen Taman Nasional dari konservasi Hewan dan Tumbuhan Chongklai Worapongsathorn mengatakan, gua Tham Luang akan ditutup untuk umum sejak Kamis (12/7/2018) waktu setempat. Hal itu dilakukan guna mengembalikan taman nasional itu usai operasi penyelamatan.

Pemerintah Thailand Resmi Tutup Gua Tham Luang untuk Umum

“Sudah ada rencana untuk ‘menghidupkan kembali’ taman nasional yang berdekatan di mana ratusan pekerja penyelamat dan personel militer mendirikan kamp selama operasi search and rescue (SAR),” kata Chongklai Worapongsathorn sebagaimana diberitakan Reuters pada Kamis (12/7/2018).

Meski demikian, Worapongsathorn tidak menyebutkan berapa lama penutupan guna memulihkan wilayah konservasi itu akan dilakukan. Sebelumnya, otoritas setempat berencana menjadikan gua Tham Luang sebagai destinasi wisata.

Ini menyusul operasi penyelamatan 12 anggota sepak bola junior, Wild Boars selama lebih dari dua pekan dalam gua tersebut telah mendapatkan perhatian dunia internasional.

Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan-ocha meminta otoritas setempat meningkatkan langkah pencegahan ekstra sebelum menjadikan lokasi tersebut sebagai tujuan wisata. Menurut Chan-ocha, hal ini dilakukan untuk melindungi wisatawan yang berkunjung.

Baca juga: Israel Lakukan Serangan Udara Terhadap Pasukan Suriah di Kawasan Quneitra

Sementara, kisah terjebaknya 12 anggota sepak bola junior Thailand bersama satu pelatih mereka di gua Tham Luang, Chang Rai akan diangkat ke layar lebar. Bukan hanya itu, peristiwa penyelamatan 13 korban terjebak tersebut juga akan dimuseumkan.

Rekaman video dari dalam gua di Thailand telah menunjukkan betapa sulitnya medan yang harus dilalui petugas bantuan guna membebaskan 12 remaja tim sepakbola dan pelatihnya. (Tita Yanuantari – hairanindo.com)

x

Check Also

Pabrik Kimia di Cina Meledak, Belasakan Orang Meninggal

Pabrik Kimia di Cina Meledak, Belasakan Orang Meninggal

Sichuan – Sebuah pabrik kimia di Cina dihantam ledakan mengakibatkan 19 orang tewas dan melukai ...