Home > Ragam Berita > Nasional > Peluang Anies Dinilai Tertutup Jika Koalisi Gerindra dan Demokrat Jadi Terbentuk

Peluang Anies Dinilai Tertutup Jika Koalisi Gerindra dan Demokrat Jadi Terbentuk

Jakarta – Hingga kini, masih belum diketahui apakah Anies Baswedan maju sebagai calon presiden ataupun calon wakil presiden di Pilpres 2019 mendatang. Meski demikian, maju tidaknya Anies tergantung dari kerelaan Partai Gerindra, PKS, PAN atau Demokrat untuk mengusungnya.

Peluang Anies Dinilai Tertutup Jika Koalisi Gerindra dan Demokrat Jadi Terbentuk

Salah seorang Pengamat komunikasi politik, Ari Junaedi mendasari pandangannya melihat realitas yang ada. Antara lain, ketika maju dalam Pilkada DKI Jakarta 2017 silam, Anies maju dengan dukungan koalisi Partai Gerindra dan PKS. Faktor lain, hanya Gerindra, PKS, PAN dan Demokrat yang hingga saat ini masih terus menggodok nama pasangan capres-cawapres yang bakal mereka usung.

Sedangkan, parpol pendukung pemerintah terkesan sudah mantap untuk mengusung Jokowi dalam Pilpres 2019 mendatang. Menurut dosen di Universitas Indonesia tersebut, apabila koalisi Gerindra-Demokrat jadi terealisasi, Anies hanya tinggal bersandar ke PKS dan PAN. Tentunya dengan harapan ada partai lain yang ikut mendukung, untuk mencukupi syarat minimal mengusung capres-cawapres.

“Jadi, meski Anies masih punya peluang, tapi sepertinya sulit terwujud maju di Pilpres 2019. Karena Demokrat saya yakin pilihan jatuh AHY dan Gerindra juga sudah pasti ke Prabowo,” ujar Ari, pada Kamis (12/7/2018).

“Saya kira PAN dan PKS rela mengambil posisi nomor dua asalkan capres punya modal suara dan modal duit. Jadi, jika koalisi Gerindra-Demokrat terwujud, Anies tinggal menyandarkan peluang ke PKS dan PAN,” pungkas Ari.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

La Nyalla Tantang Prabowo Pimpin Shalat, Ini Reaksi Timses

La Nyalla Tantang Prabowo Pimpin Shalat, Ini Reaksi Timses

Jakarta – Tim sukses pasangan capres dan cawapres nomor urut 01, Prabowo Subianto – Sandiaga ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135