Jakarta – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menilai Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memiliki peranan penting dalam kemenangan petahana Presiden Joko Widodo (Jokowi) di pemilihan presiden 2019. PDIP berhitung, bila Pilpres 2019 diikuti oleh dua kubu, keikutsertaan PKB akan menyumbang kemenangan mencapai 62,6%.

PDIP : PKB Akhirnya Masuk Koalisi Pendukung Jokowi di Pilpres 2019

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)

“Angka ini, dengan catatan PKB akhirnya masuk koalisi pendukung Jokowi,” kata Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto di kantornya, Jakarta, Jumat (13/7/2018).

Hingga saat ini, PKB belum mendeklarasikan dukungannya secara penuh kepada Jokowi. PKB masih mensyaratkan dukungannya bila Ketua Umumnya, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sebagai cawapres Jokowi.

“Kami juga menghormati karena sampai sekarang PKB belum mengambil keputusan,” kata Hasto.

Untuk memastikan jumlah koalisi, Hasto mengatakan akan ada pertemuan dengan para Sekretaris Jenderal partai-partai pendukung Jokowi pekan depan. Dalam pertemuan itu akan dibahas berbagai kesepakatan mendasar dalam koalisi pendukung Jokowi.

“Untuk kami bawa ke Ketua Umum masing-masing,” kata Hasto.

Hasto pun menilai kepastian koalisi pendukung Jokowi harus memiliki tenggat waktu. Menurutnya hal tersebut diperlukan agar pembahasan dalam koalisi dapat berlanjut untuk merancang tata pemerintahan ke depan. “Kebijakan politiknya, ekonominya, kebudayaan, luar negeri bisa dirancang bersama-sama,” kata Hasto.

Baca juga: Hasto Kristianto Akui Sejumlah Artis Bakal Jadi Caleg PDIP

Di tempat terpisah, Cak Imin menyatakan, Jokowi bakal kalah bila tak berduet dengannya saat Pilpres. “Buktikan saja. Kalau enggak JOIN (Jokowi-Cak Imin) bahaya,” kata Cak Imin.

Hingga kini, PKB akan terus berjuang agar Cak Imin bisa dipinang Jokowi. Cak Imin belum memikirkan apakah PKB akan tetap bersama koalisi pendukung pemerintah jika dirinya tak dipilih sebagai cawapres. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)