Jakarta – Daniel Johan selaku Wakil Sekretaris Jenderal PKB kali ikut memberi ucapan selamat kepada Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, atas keberhasilannya mendapat ijazah setara Sekolah Menengah Akhir (SMA) melalui program Kejar Paket C.

PKB Sindir Wacana Menteri Susi Jadi Cawapres Jokowi

Kepada detikcom, dirinya berkata bahwa “Saya ucapkan selamat kepada Bu Susi tentunya. Ikut bangga dan bahagia,”

“Bisa makin stres nelayan kalau ini (wacana Susi ikut Pilpres 2019) benar,” ujar Daniel.

“Urusan cawapres tergantung capresnya yang ada dan para partai pengusung. Tapi kalau saya pribadi, mohon maaf, tidak bisa mendukung karena bisa dikutuk nelayan se-Nusantara bila mendukung,” ungkap Daniel.

Dia menyebut bidang perikanan Tanah Air mengalami kebangkrutan. Kebijakan Susi dinilai dia membuat usaha di bidang perikanan menjadi remuk.

“Dunia perikanan bangkrut selama 4 tahun ini. Sebagai pertanggungjawaban dan solidaritas dengan perjuangan nelayan, saya sebagai pimpinan Komisi IV sudah tiga tahun tidak menandatangani APBN, tidak mau ikut tanggung jawab,” tutur Daniel.

“Tidak hanya kebijakan cantrang, tapi banyak yang lain, baik perikanan tangkap maupun budidaya remuk. Program Keramba Jaring Apung yang tahun ini diresmikan Presiden Jokowi saja gagal total. Anggaran total Rp 131 milyar di tiga lokasi Sabang, Pangandaran dan Karimun Jawa sudah rusak sebelum dioperasikan,” imbuh dia.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)