Home > Ragam Berita > Nasional > Wikipedia Kecolongan Informasi Hubungan Kekerabatan TGB – Luhut, Siapa Pengeditnya?

Wikipedia Kecolongan Informasi Hubungan Kekerabatan TGB – Luhut, Siapa Pengeditnya?

Jakarta – Pihak Wikipedia mengklarifikasi terkait informasi yang sempat beredar soal hubungan kekerabatan antara TGH Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) dengan Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.

Wikipedia Kecolongan Informasi Hubungan Kekerabatan TGB – Luhut, Siapa Pengeditnya?

Melalui akun Twitternya, pihak Wikipedia berbahasa Indonesia menjelaskan bahwa seorang pengguna Wikipedia pernah mengedit informasi terkait hubungan kekerabatan tersebut, namun informasi itu kini telah dikembalikan lagi seperti semula karena tidak ada rujukan atau informasi resmi yang membenarkan hal itu.

“Benar bahwa kedua artikel tersebut (Muhammad Zainul Majdi dan Luhut Binsar Panjaitan) pernah disunting oleh salah satu pengguna Wikipedia yang menyatakan mereka memiliki hubungan kekerabatan,” tulis pihak Wikipedia melalui akun @idwiki, Jumat (13/7/2018).

Lantas siapa pengedit informasi hoax itu yang sempat dikutip oleh politisi Gerindra, Andre Rosiade?

Andre sendiri telah mengklarifikasi bahwa dirinya hanya ingin meluruskan informasi yang tercantum di laman Wikipedia.

“Ini jadi masukan Wikipedia agar ke depan berhati-hati untuk menyuguhkan informasi, khususnya bagi tokoh publik yang dikenal luas,” kata Andre.

“Apalagi kan menyuntingnya bukan hari ini, sudah berapa hari lalu berubah. Kenapa dalam beberapa hari ini Wikipedia tidak mengoreksi. Setelah viral dan masuk media baru diklarifikasi,” ujarnya.

“Kan sudah saya sampaikan bahwa ini butuh klarifikasi dari Pak Luhut dan TGB. Alhamdulillah Wikipedia sudah klarifikasi. Itu kan clear. Kita kan tidak ingin dalam berpolitik menyebarkan hoax dan fitnah,” lanjut Andre.
(samsul arifin – www.harianindo.com)

x

Check Also

Lewat Akun Twitter, Mahfud MD Beri Apresiasi Upaya KPK Yang Usut Kasus Suap Meikarta

Lewat Akun Twitter, Mahfud MD Beri Apresiasi Upaya KPK Yang Usut Kasus Suap Meikarta

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dinilai berani ketika tengah mengusut kasus dugaan suap dalam ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135