Home > Ragam Berita > Nasional > Pertama dalam Sejarah, Angka Kemiskinan di Indonesia Capai Tingkat Terendah

Pertama dalam Sejarah, Angka Kemiskinan di Indonesia Capai Tingkat Terendah

Jakarta – Data Badan Pusat Statistik (BPS) terkait angka kemiskinan di Indonesia per Maret 2018 mencapai titik terendah dalam sejarah, yakni sebesar 9,82%.

Pertama dalam Sejarah, Angka Kemiskinan di Indonesia Capai Tingkat Terendah

Menurut Kepala BPS Suhariyanto, angka kemiskinan tahun ini turun menjadi satu digit yang biasanya dua digit.

“Apakah ini yang terendah, iya (terendah), bisa saya sampaikan kalau dilihat pada Maret 2011 itu persentasenya 12,49%,” kata Suhariyanto dalam konferensi pers neraca perdagangan Juni 2018, di kantor BPS pusat, Jakarta, Senin (16/7/2018).

Namum demikian Suhariyanto mengungkapkan, penurunan angka kemiskinan tahun ini tidak berjalan mulus selalu turun, karena pada September 2013 dan Maret 2015 angka kemiskinan mengalami kenaikan.

“Tapi ini adalah untuk pertama kalinya persentase penduduk miskin berada di angka satu digit. Kalau dilihat semuanya biasanya dua digit, jadi memang ini pertama kali dan terendah,” jelasnya.

Untuk mempercepat penurunan angka kemiskinan menurut Suhariyanto, pemerintah harus mempersiapkan kebijakan yang tepat sasaran, karena angka penduduk miskin 25,92 juta orang masih cukup besar.

“Caranya dengan kebijakan-kebijakan yang tepat sasaran sehingga penurunan kemiskinannya bisa cepat, beberapa tahun belakangan ada penurunan tapi sangat lamban, tapi ini persentase kemiskinan yang paling rendah 9,82% tapi jumlahnya masih banyak,” pungkasnya.
(samsul arifin – www.harianindo.com)

x

Check Also

KSPI Minta UMP 2019 Naik 20% - 25%

KSPI Minta UMP 2019 Naik 20% – 25%

Jakarta – Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) meminta kebutuhan hidup layak (KHL) kembali menjadi acuan ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135