Home > Ragam Berita > Internasional > AS-Korut Capai Kesepakatan untuk Cari Tentara yang Hilang

AS-Korut Capai Kesepakatan untuk Cari Tentara yang Hilang

Washington – Pemerintah Amerika Serikat (AS) dan Korea Utara (Korut) sepakat untuk mencari sekitar 5.300 tentara Paman sam yang hilang selama Perang Korea. Pencarian ribuan personel militer itu rencananya akan dilakukan oleh kedua belah pihak.

AS-Korut Capai Kesepakatan untuk Cari Tentara yang Hilang

Mike Pompeo

Pencarian ribuan tentara AS itu merupakan lanjutan dari kesepakatan pertemuan tingkat tinggi AS-Korut di Singapura bulan lalu. Keduanya kemudian mengadakan pertemuan lanjutan guna membahas masalah tersebut pada Senin (16/7). Pertemuan rencananya akan diadakan di zona bebas militer perbatsan Korut-Korea Selatan (Korsel), Panmunjom.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dalam pernyataan resmi mengatakan, pertemuan itu sekaligus menagih janji pemimpin tertinggi Korut Kim Jong-un terkait pemulangan tentara AS. Ini sekaligus menjadi pertemuan resmi antara perwakilan AS dan Korut sejak 2009.

“Pertemuan tingkat kerja antara AS dan pejabat Korut untuk mengkoordinasikan langkah-langkah berikutnya, termasuk transfer sisa yang sudah dikumpulkan di Korut,” kata Mike Pompeo sebagaimana diberitakan Reuters pada Senin (16/7/2018).

Sebelumnya, pemerintah AS telah membawa pulang 100 peti jenazah yang berisi jasad personel militer AS yang tewas dalam perang Korea. Pompeo sebelumnya juga sempat menagih janji Korut terkait pelucutan senjata nuklir.

Baca juga: Putin Sangat Yakin Qatar Bisa Selenggarakan Turnamen dengan Sukses

Dia mengatakan, Pemerintah AS optimistis jika Pemimpin tertinggi Korut Kim Jong-un akan menepati janjinya untuk melucuti persenjataan nuklir mereka. Kim kemudian menyurati Presiden Donald Trump dan mengungkapkan optimismenya perihal hubungan kedua negara yang akan lebih baik di masa mendatang.

“Saya percaya kemauan yang kuat, upaya tulus, dan pendekatan yang unik dari diri saya dan Yang Mulia Tuan Presiden (Trump), yang bertujuan membuka masa depan baru antara Korut dan AS, pasti akan terwujud,” kata Kim dalam penggalan suratnya.

x

Check Also

Pemerintah Arab Saudi Izinkan Turki Geledah Konsulatnya

Pemerintah Arab Saudi Izinkan Turki Geledah Konsulatnya

Ankara – Pemerintah Arab Saudi telah mengizinkan aparat keamanan Turki menggeledah kantor konsulatnya di Istanbul ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135