Home > Ragam Berita > Nasional > Pengamat Menilai Prabowo Tak Akan Ragu Pilih Cawapres Dari Luar PKS

Pengamat Menilai Prabowo Tak Akan Ragu Pilih Cawapres Dari Luar PKS

Jakarta – Dalam Pilpres 2019 mendatang, muncul sebuah wacana bahwa Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto bakal memilih cawapres dari partai lain. Terkait wacana tersebut, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tetap akan mendukung Prabowo.

Pengamat Menilai Prabowo Tak Akan Ragu Pilih Cawapres Dari Luar PKS

Melihat hal itu, Pengamat politik Lingkar Madani (LIMA) Ray Rangkuti menilai hal itu menunjukkan daya tawar PKS terhadap Prabowo lemah. Ray menilai, Prabowo tak akan terbebani jika memilih cawapres di luar PKS. Terlebih lagi, PKS dinilai cenderung mengunci diri dengan tidak mau berkoalisi dalam barisan pendukung Jokowi.

“Sekarang kan ada kecenderungan Prabowo mencari cawapres di luar PKS. Jadi untuk sekarang daya tawar PKS sudah tidak dilihat orang” ujar Ray Rangkuti di Jakarta, Senin (16/7/2018).

“Prabowo jadi tidak harus memilih PKS, jadi ada peluang ke PAN dan Demokrat. Walaupun PKS tidak dilibatkan dalam Cawapres, suaranya pun kemungkinan besar juga tidak akan memilih ke koalisi Jokowi,” kata dia.

Ray turut menyoroti terkait munculnya konflik ditubuh PKS yang bisa berpeluang mempengaruhi perolehan suara dalam Pemilu 2019 mendatang. Menurutnya, potensi suara PKS bisa banyak yang abstain jika konflik tidak secepatnya diselesaikan. Apalagi jika PKS dalam pilpres tidak mengusung kadernya sendiri dalam koalisi.

“Sekarang kan PKS sudah mulai protes, agar menjadi cawapres dalam koalisi dengan Prabowo, tapi di sisi lain kadernya tidak juga didorong,” kata dia.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Pengamat Menilai Prabowo-Sandi Harus Antisipasi Isu Mahar Politik

Pengamat Menilai Prabowo-Sandi Harus Antisipasi Isu Mahar Politik

Jakarta – Salah seorang Pengamat politik, Maksimus Ramses Lalongkoe baru-baru ini memberikan prediksinya terkait sejumlah ...