Home > Ragam Berita > Nasional > Calon Jemaah Haji Embarkasi Surabaya Akan Langsung Jalani Proses Biometrik

Calon Jemaah Haji Embarkasi Surabaya Akan Langsung Jalani Proses Biometrik

Surabaya – Sebanyak tiga kelompok terbang (Kloter) jemaah haji dari Jawa Timur telah memasuki Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES), Jawa Timur, pada Senin (16/7/2018).

Calon Jemaah Haji Embarkasi Surabaya Akan Langsung Jalani Proses Biometrik

Kloter pertama masuk ke AHES sekitar pukul 10.00 WIB pagi, disusul kemudian kloter dua dan tiga.

“Kemudian tadi disusul kloter dua, sementara kloter tiga akan masuk malam ini sekitar jam 21.00 WIB,” kata Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Jatim, Faridul Ilmi, Senin (16/7/2018).

Kloter pertama adalah jemaah haji asal Situbondo, kloter dua berasal dari Bondowoso,sedangkan kloter ketiga dari Banyuwangi.
Masing-masing terdiri dari 445 calon haji dan 5 orang petugas pendamping.

Setelah sampai di AHES, masing-masing calon jemaah haji akan langsung menjalani menjalani proses biometrik, yakni metode mengenali seseorang berdasarkan ciri-ciri fisik, karakter, dan perilakunya.

“Proses pengenalannya nanti melalui retina, sidik jari, pola wajah dan sebagainya. Ini untuk mempermudah biar nanti sesampainya di sana (Arab Saudi) prosesnya tidak lama, jadi jamaah tidak menunggu terlalu lama. Di tahun-tahun sebelumnya rekam biometrik ini dilakukan di Arab Saudi,” jelas Faridul.

Selain itu, jemaah juga akan menjalani tes kesehatan untuk memastikan apakah mereka sanggup menjalani seluruh proses ibadah haji hingga selesai.

“Nanti jika ada yang ternyata tidak sehat bisa diundur ke tahun selanjutnya atau sama sekali tidak berangkat. Tapi jarang terjadi. Atau bisa juga digeser ke kloter terakhir kalau dia mau, asalkan masih ada tempat,” katanya.

Lalu sebelum berangkat, para calon jemaah haji akan mendapatkan pengarahan soal Tanah Suci, diberi gelang pengenal, uang living cost, paspor, dan visa.

“Barulah terakhir jamaah dibagikan boarding pass untuk selanjutnya diterbangkan ke Tanah Suci melalui Bandara Juanda Surabaya,” pungkasnya.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Ketum PAN Ajak Sandiaga Silahturahmi Ke Tokoh Aksi Damai 212

Ketum PAN Ajak Sandiaga Silahturahmi Ke Tokoh Aksi Damai 212

Jakarta – Kemarin, Zulkifli Hasan Sebagai Ketum PAN kali ini terlihat bersama calon Wakil Presiden ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135