Home > Ragam Berita > Nasional > Pemasangan Bendera Pakai Bambu Dikritik, Anies Berikan Pembelaan

Pemasangan Bendera Pakai Bambu Dikritik, Anies Berikan Pembelaan

Jakarta – Di media sosial belakangan ini, pemakaian bambu sebagai tiang bendera peserta Asian Games 2018 menjadi viral. Tak sedikit netizen yang memberikan kritikannya terkait hal tersebut. Bahkan, tak sedikit yang menilai bahwa bambu tidak pantas dipakai untuk tiang bendera.

Pemasangan Bendera Pakai Bambu Dikritik, Anies Berikan Pembelaan

Mendengar kabar tersebut, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merasa geram. Ia tidak suka bambu diremehkan. Pasalnya, bambu memiliki sejarah tersendiri dalam kemerdekaan Indonesia.

“Dan sampaikan pada semua. Jangan sekali-kali anggap rendah tiang bendera dari bambu. Itulah tiang yang ada di rumah-rumah rakyat kebanyakan. Penjualnya rakyat kecil. Pengerajinnya pengusaha kecil. Penanamnya ada di desa-desa. Biarkan hasil panen rakyat kecil, hasil dagangan rakyat kecil ikut mewarnai Ibu Kota,” kata Anies dalam keterangan tertulisnya, Jakarta Pusat, Rabu, (18/7/2018).

Lantaran diserang melalui media sosial, Petugas Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) akhirnya menurunkan bendera tersebut. Akan tetapi, Anies pun meminta petugas untuk memasangnya kembali. Mantan Mendikbud ini lantas mengapresiasi inisiatif warga yang telah memasang bendera peserta Asian Games. Menurutnya, itu salah satu cara menyemarakkan perhelatan olahraga itu di kampung-kampung.

“Pemasangan bendera itu adalah inisiatif warga. Jangan halangi, jangan rendahkan dan mari kita izinkan rakyat merayakan Asian Games dengan kemampuannya, dengan ketulusannya,” ungkapnya.

“Saya berharap, tiang bambu dan bendera sederhana inisiatif warga ini malah akan jadi inspirasi bagi warga kampung lainnya untuk mempercantik lingkungannya, menyambut tamu-tamu yang datang ke Jakarta yang ikut mereka rasakan sebagai rumah besar milik mereka,” pungkas dia.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Ketum PAN Ajak Sandiaga Silahturahmi Ke Tokoh Aksi Damai 212

Ketum PAN Ajak Sandiaga Silahturahmi Ke Tokoh Aksi Damai 212

Jakarta – Kemarin, Zulkifli Hasan Sebagai Ketum PAN kali ini terlihat bersama calon Wakil Presiden ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135