Home > Gaya Hidup > Tips > Awas, Beberapa Aktivitas Ini Bisa Memicu Nyeri Tulang Belakang

Awas, Beberapa Aktivitas Ini Bisa Memicu Nyeri Tulang Belakang

Jakarta – Tulang punggung atau tulang belakang menyangga tubuh kamu supaya bentuk postur tubuh tetap sempurna. Tapi ada kebiasaan buruk yang bisa memicu rasa nyeri, tapi kerap kamu abaikan.

Awas, Beberapa Aktivitas Ini Bisa Memicu Nyeri Tulang Belakang

Mungkin setiap hari kamu pasti sering membawa tas dengan beban berat, mengangkat barang berat, terbiasa bermain ponsel sambil menunduk, hingga posisi duduk menghadap komputer kurang ergonomis. Itu semua berdampak pada fungsi tulang belakang kamu yang seharusnya tidak boleh terjadi.

Sayangnya, kebiasaan itu diabaikan dan lama-lama kamu akan merasakan nyeri tulang belakang seiring bertambahnya usia. Sebaiknya hindari pemicunya yang diulas berikut, sebagaimana diberitakan Timesofindia pada Jumat (20/7/2018).

1. Memakai sepatu hak tinggi terlalu sering
Tumit salah satu bagian organ tubuh yang sensitif. Saat kamu terbiasa menggunakan sepatu hak tinggi dampaknya bisa membuat tulang belakang melengkung. Tentu hal ini bisa mempengaruhi postur tubuh kamu yang memicu rasa tidak nyaman. Kemudian, lama-lama dampaknya bisa merembet ke bagian pinggul yang tambah ikut nyeri.

2. Olahraga angkat beban di gym center
Bagi pencinta olahraga angkat beban di gym center juga harus berhati-hati. Alih-alih kalau salah angkat dampaknya bisa bikin nyeri tulang belakang. Postur tubuh jadi bungkuk dan tidak nyaman. Untuk benda yang diangkat harus menyesuaikan dengan berat badan kamu supaya tidak terlalu berat atau terlalu ringan.

3. Bawa tas berat
Setiap orang saat bepergian terbiasa membawa tas berat yang diisi dengan kebutuhan barangnya. Belum lagi kalau durasinya terlalu lama dan bebannya ada di satu sisi bahu. Lama-lama itu bisa merusak bagian tulang leher dan tulang belakang. Maka itu, mulai hindari kebiasaan ini, terlebih pada anak-anak sekolah yang melakukan hal sama.

4. Main ponsel sambil membungkuk
Ponsel memang benda yang tak pernah lepas dari bagian hidup seseorang. Tapi saat menggunakan ponsel orang jadi keasyikan main, tanpa memikirkan posturnya. Selain bikin sakit mata, kebiasaan tersebut juga mempengaruhi fungsi tulang belakangmu. Pastikan di saat main ponsel tetap dengan posisi duduk ergonomis yang baik dampaknya.

5. Posisi tidur yang salah
Posisi tidur yang salah, seperti telentang terus-menerus juga bikin tulang belakang mengalami kerusakan. Apalagi kalau kasur yang ditiduri terlalu keras dan tidak fleksibel. Tak heran jika bangun tidur rasanya kamu mengalami nyeri sendi, nyeri leher dan nyeri punggung yang begitu menyakitkan.

6. Pekerjaan rumah tangga tertentu
Kebiasaan menyapu dan mengepel lantai atau mengelap meja dan kaca rumah juga bisa memicu sakit tulang punggung. Tentu itu penyebabnya ada tekanan berat yang menyakitkan. Pastikan pilih alat pembersih ruangan yang sesuai dengan postur tubuh, jangan terlalu pendek agar tidak membungkuk.
(Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Minyak Zaitun Bisa Redakan Nyeri Sendi karena Peradangan

Minyak Zaitun Bisa Redakan Nyeri Sendi karena Peradangan

Jakarta – Saraf atau bagian persendian tubuh mudah saja mengalami peradangan di saat Anda melakukan ...