Surabaya – Partai Demokrat (PD) Jawa Timur sebelumnya disebut-disebut memberikan dukungannya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Pilpres 2019 mendatang. Meski hal itu belum resmi, namun kelompok relawan Jokowi, Projo, mencoba menganalisis alasan di balik dukungan tersebut.

PD Jatim Disebut Berikan Dukungannya Untuk Jokowi

Ketum Projo Budi Arie Setiadi mengirimkan gambar infografis soal dukungan Demokrat Jatim untuk Jokowi, Senin (23/7/2018). Gambar dengan latar belakang berwarna biru itu berjudul ‘3 Alasan Demokrat Jatim Dukung Jokowi untuk Pilpres 2019’.

Tampak logo Partai Demokrat dalam gambar tersebut. Ada juga sosok pria yang menunjukkan kader Demokrat. Jika dilihat dari perawakan di gambar itu, sosok tersebut seperti Ketua Kogasma PD Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), yang kini sedang diangkat partai berlambang mirip logo Mercy tersebut.

Projo pun membeberkan tiga alasan dari Partai Demokrat Jatim mengapa mereka mendukung Jokowi melalui kolom-kolom. Kolom pertama terdapat gambar Jokowi.

“Mayoritas kader pilih Jokowi daripada Prabowo (Ketum Gerindra Prabowo Subianto),” demikian keterangan pada kolom itu.

Pada kolom kedua, terdapat gambar Khofifah Indar Parawansa, yang memenangkan Pilgub Jatim 2018. Caption kolom itu adalah ‘Faktor Khofifah’. Di Pilgub Jatim kali ini, Demokrat mengusung Khofifah. Begitu dipastikan menang di pilgub, mantan Mensos itu langsung menyatakan siap mendukung Jokowi di Pilpres 2019.

Pada alasan ketiga yang diungkap Projo adalah ‘Peluang Koalisi Poros Ketiga Tinggal Angan’. Terdapat gambar seperti sosok Ketum PD Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada kolom tersebut.

Partai Demokrat selama ini memang kerap menunjukkan keinginan membentuk poros ketiga agar ada alternatif selain Jokowi dan Prabowo. Mereka menawarkan AHY untuk Pilpres 2019. Namun tawaran poros ketiga tak disambut partai-partai lain.

Terakhir, Projo menuliskan hashtag #JOKOWILAGI pada gambar tersebut. Di bawah tagar itu juga dituliskan tagline ‘Menebarkan kedamaian dan optimisme untuk negeri’ lengkap dengan lambang Projo.

Demokrat tak membantah soal DPD Jatim yang mendukung Jokowi sebagai capres. Ketua DPP Demokrat Jansen Sitindaon menjelaskan saat ini Demokrat di seluruh wilayah diminta melakukan polling/jajak pendapat kepada DPC-DPC dan seluruh anggota DPRD dari PD (provinsi, kabupaten, dan kota) untuk mengetahui apa pilihan mereka terhadap 3 opsi: Jokowi, Prabowo, atau calon lain (poros ketiga).

“Hasilnya mayoritas kader di Jatim preferensi politiknya memang ingin partai mendukung Jokowi. Jadi apa yang disampaikan Pakde Karwo (Ketua DPD PD Jatim Soekarwo) itu adalah hasil polling di Jawa Timur. Itulah suara dari Jawa Timur,” kata Jansen kepada wartawan, Senin (23/7).

Meski begitu, Jansen menyebut bisa saja hasil di daerah lain berbeda. Dia mencontohkan wilayah Jawa Barat yang hasilnya bertolak belakang dengan Jatim.

“Seperti di Jabar, beberapa waktu lalu diadakan polling yang sama mayoritas kader di sana malah ingin agar partai mendukung Pak Prabowo atau poros ketiga,” ucapnya.

Soal bagaimana sikap resmi Demokrat mengenai arah dukungan di Pilpres 2019, Jansen menyebut keputusan masih menunggu Majelis Tinggi Partai (MTP). Semua masukan dari DPD PD se-Indonesia akan digodok dalam rapat MTP yang nantinya akan memutuskan sikap resmi partai.

“Terkait sikap resmi Demokrat di pilpres ini, mari kita tunggu putusan MTP di sidang berikutnya,” ujar Jansen.

(Ikhsan Djuhandar – www.harianindo.com)