Home > Ragam Berita > Ekonomi > Meski Hartanya Anjlok, Sandiaga Masih Masuk Daftar 150 Orang Terkaya di Indonesia

Meski Hartanya Anjlok, Sandiaga Masih Masuk Daftar 150 Orang Terkaya di Indonesia

Jakarta – Dalam daftar 150 orang terkaya di Indonesia versi Majalah Globe Asia, nama Sandiaga Uno ternyata ikut masuk. Akan tetapi, kekayaan yang dimiliki oleh wagub DKI tersebut anjlok USD 200 juta apabila dibandingkan tahun lalu. Diketahui, Sandiaga Uno tahun lalu memiliki kekayaan mencapai hingga USD 500 juta versi majalah Globe Asia.

Meski Hartanya Anjlok, Sandiaga Masih Masuk Daftar 150 Orang Terkaya di Indonesia

Kali ini di majalah yang sama, edisi Juli 2018 kekayaannya USD 300 juta dan menduduki posisi ke 85 orang paling kaya di Indonesia. Namun majalah tersebut tak merinci apa penyebab anjloknya kekayaan Sandiaga yang mencapai USD 200 juta atau sekitar Rp 2,9 triliun dengan nilai kurs Rp 14.500 per USD 1.

Walau bagaimana pun Sandiaga masih memiliki kekayaan sebesar USD 300 juta atau sekitar Rp 43,5 triliun. Sebelum menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno adalah Direktur di perusahaan tambang PT Adaro Energy Tbk. Ia juga pernah menjabat sebagai Presiden Direktur perusahaan holding investasi PT Saratoga Investama Sedaya Tbk.

Sandiaga juga pernah menjadi pemegang mayoritas saham di perusahaan taksi PT Express Transindo Utama Tbk. Disamping itu juga, kekayaan Sandi terdiri atas berbagai investasi yang bernilai puluhan miliar, mulai dari berbagai jenis logam mulia, barang seni dan antik, hingga tanah.

Ada empat nama baru yang masuk ke dalam 150 orang terkaya di Indonesia versi Majalah Globe Asia. Mereka adalah pria-pria berusia 30-an tahun yang menjadi start up atau perintis di bidang usahanya masing-masing yang mengkhususkan diri di bidang teknologi dan informasi di dunia internet.

Empat orang start up tersebut adalah pemilik Tokopedia Ferry Unardy (30) yang menduduki urutan ke 146 dengan kekayaan USD 145 juta. Pemilik Traveloka Wiliam Tanu Jaya (36) urutan 148 harta USD 130 juta. Pemiliki Bukalapak Achmad Zaki (31), yang menduduki urutan ke 149 dengan kekayaan USD 105 juta, dan pemilik GoJek Nadiem Makarim, 33, yang menduduki urutan ke 150 dengan kekayaan USD 100 juta.

Pengusaha yang menduduki posisi puncak masih wajah lama, yakni pemilik perusahaan Djarum Robert Hartono, 77, dan Michael Hartono, 78, disusul bos Sinar mas Grup Eka Tjipta Widjaja di urutan kedua dengan kekayaan USD 13,9 miliar atau sekitar Rp 201 triliun.

Posisi ketiga Anthoni Salim, 69 dengan kekayaan USD 1,5 miliar atau setara dengan Rp 217,5 trilun dengan kurs Rp 14.500 per 1 USD. (Ind)

Berikut ini daftar 10 orang terkaya versi Majalah Globe Asia edisi bulan Juli 2018 :

  • Robert Hartono dan Michael Hartono jumlah kekayaan USD 21 miliar.
  • Eka Tjipta Widjaja jumlah kekayaan USD 13 miliar.
  • Anthony Salim jumlah kekayaan USD 11,5 miliar.
  • Susilo WonoWidjojo jumlah kekayaan USD 11 miliar.
  • Chairul Tanjung jumlah kekayaan USD 4,5 miliar.
  • Sri Prakash Lohia jumlah kekayaan USD 4,5 miliar.
  • Theodore P Rachmat jumlah kekayaan USD 4,5 miliar.
  • Putera Sampoerna jumlah kekayaan USD 4,3 miliar.
  • Sukanto Tanoto jumlah kekayaan USD 2,7 miliar.
  • Dato Sri Tahir jumlah kekayaan USD 2,15 miliar.

(Ikhsan Djuhandar – www.harianindo.com)

x

Check Also

Trump Ancam Perang Dagang, Ini Tanggapan Tegas Indonesia

Trump Ancam Perang Dagang, Ini Tanggapan Tegas Indonesia

Jakarta – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengancam akan mengenakan tarif ke-124 bagi produk ...