Home > Ragam Berita > Nasional > Pembangunan Menara MUI, Jokowi : “Tolong Dilaporkan Pak CT Nyumbangnya Berapa”

Pembangunan Menara MUI, Jokowi : “Tolong Dilaporkan Pak CT Nyumbangnya Berapa”

Jakarta – Pengusaha kaya Chairul Tanjung (CT) “ditodong” oleh Presiden Joko Widodo, ketika menghadiri acara Tasyakuran Milad Majelis Ulama Indonesia (MUI) ke-43 dan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Menara MUI, di Bambu Apus, Cipayung, Jakarta Timur, Kamis (26/7/2018) kemarin.

Pembangunan Menara MUI, Jokowi : "Tolong Dilaporkan Pak CT Nyumbangnya Berapa"

Ketika memberi sambutan, Presiden yang akrab dipanggil Jokowi tersebut meyakini bahwa pembangunan menara MUI yang menelan biaya kurang lebih sekitar Rp 600 miliar dengan konsep dana wakaf bisa diselesaikan secepatnya. Dia juga bakal ikut mendorong dan memantau pengumpulan wakaf tersebut.

Bahkan, dari atas podium, suami Iriana itu langsung ‘menodong’ CT yang saat itu juga hadir, namun belum dipanggil oleh panitia ke atas panggung untuk menerima sertifikat sebagai salah seorang donatur pembangunan menara MUI.

“Karena tadi yang naik panggung baru lima (5), Pak CT belum naik ke panggung. Hahaha.. Beliau ini kan baru saja saya baca tadi pagi masuk dalam lima besar orang terkaya di Indonesia,” kata Jokowi, disambut tawa para undangan.

Tak hanya sampai di situ saja, Presiden Ketujuh RI tersebut langsung meminta kepada Ketua Umum MUI KH Ma’ruf Amin untuk melaporkan berapa dana yang diwakafkan oleh pemilik Trans Corp tersebut guna pembangunan menara MUI.

“Jadi tolong Pak Kiai nanti dilaporkan Pak CT nyumbangnya berapa, wakafnya berapa, dana wakafnya harus jelas. Belum yang lain-lain nanti akan saya tegur satu per satu,” ucap Jokowi, dengan nada berseloroh.

Menurut perencanaan, menara MUI yang dibangun di atas lahan seluas 18 hektare tersebut bakal memiliki tinggi 17 lantai. Akan tetapi, sekitar 12 lantai akan dimanfaatkan untuk usaha produk halal seperti kuliner, keuangan syariah hingga busana muslim.

Hingga kini, dana wakaf untuk membangun menara MUI tersebut baru terkumpul sebesar Rp 120 miliar. Kekurangannya bakal dilunasi oleh MUI dalam wakktu lima tahun ke depan.

“Meskipun saya juga bukan orang kaya, nanti sedikit-sedikitlah Pak Kiai, memberi semangat saja, tidak banyak tapi memberikan semangat agar menara MUI benar-benar bisa diselesaikan dan MUI memiliki sendiri kantor besar yang ada di lokasi ini,” pungkas Jokowi.

Forum tersebut selain dihadiri Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Kepala Staf Presiden Moeldoko, tampak juga kalangan pengusaha, di antaranya CT dan Soetrisno Bachir.

(Ikhsan Djuhandar – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

PKB Tetap Dukung Cak Imin Meski Beredar Nama KH Ma'ruf Amin

PKB Tetap Dukung Cak Imin Meski Beredar Nama KH Ma’ruf Amin

Jakarta – PKB kali ini tetap ungkapkan bahwa fokus mereka saat ini ialah memperjuangkan Muhaimin ...