Liverpool – Manajer Liverpool Jurgen Klopp mengatakan bahwa usaha untuk menggantikan Philippe Coutinho dengan pemain yang mirip adalah hal yang mustahil.

Klopp Tegaskan Coutinho Tidak Tergantikan

Coutinho

Coutinho adalah pemain andalan Liverpool sejak tahun 2013. Pemain asal Brasil ini merupakan sumber kreatifitas serangan The Reds dan kerap pula jadi pemecah kebuntuan saat rekan-rekannnya kesulitan mencetak gol.

Namun pada akhirnya Liverpool terpaksa melepasnya ke Barcelona pada Januari 2018 lalu. Pasalnya Coutinho sudah ngotot untuk main bareng Lionel Messi dan kawan-kawan.

Ia dilepas dengan harga yang disebut berkisar 146 juta pounds. Namun sampai saat ini uang itu belum digunakan untuk mencari pengganti Coutinho.

Uang itu malah digunakan oleh Liverpool untuk membeli Virgil Van Dijk yang notabene seorang bek tengah. Mereka juga mendatangkan seorang gelandang baru yakni Naby Keita.

Namun Keita bukan tipe pemain seperti Coutinho. Lalu ada juga Fabihnho, namun ia merupakan seorang gelandang bertahan. Liverpool juga mendatangkan Xherdan Shaqiri. Namun pemain asal Swiss ini kemungkinan besar akan berperan sebagai pelapis bagi Mohamed Salah.

Namun, Liverpool sebelumnya berpeluang untuk mendapat gelandang serang baru dalam diri Nabil Fekir. Akan tetapi Lyon batal menjualnya ke Anfield.

Klopp lantas mengatakan bahwa meski timnya sempat nyaris mendatangkan Fekir, akan tetapi gelandang asal Prancis itu bukanlah sosok pengganti bagi Coutinho. Sebab mustahil bagi siapapun untuk menggantikan Coutinho.

“Anda tidak bisa menggantikan Phil Coutinho dengan pemain yang persis sama,” katanya sebagaimana diberitakan Sportsmole pada Selasa (31/7/2018).

“Ia Phil Coutinho. Ia memiliki gaya permainan khusus, secara taktis pemain yang luar biasa, bisa bermain sebagai pemain sayap, ’10’, ‘8’ – sangat hebat. Saya tidak ingin menempatkan salah satu pemain saya di posisi di mana orang sekarang akan mengatakan terus-menerus ‘ia adalah pengganti Phil’,” serunya. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)