Jakarta – Dalam Pilpres 2019 mendatang, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dinilai bakal tetap memberikan dukungannya untuk Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto sebagai capre, meski cawapres yang dipilih nantinya di luar dua nama yang direkomendasikan oleh Gerakan Nasional Pembela Fatwa Ulama (GNPFU).

Pengamat Menilai Kecil Kemungkinan PKS Berbalik Dukung Jokowi

Prediksi tersebut disampaikan pengamat politik Ujang Komarudin, terkait perkembangan peta perkoalisian di kubu Prabowo. GNPFU merekomendasikan Ketua Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Salim Segaf Al-Jufri dan Ustaz Abdul Somad (UAS) Batubara, sebagai cawapres yang bakal mendampingi Prabowo.

“Kemungkinan besar PKS masih akan dalam barisan Prabowo,” ujar Ujang, pada Rabu (1/8/2018).

Pengajar di Universitas Al Azhar Indonesia tersebut mendasari pandangannya itu, karena melihat fakta yang mengemuka selama ini. Antara lain, PKS sudah terlanjur menjadi partai oposisi dan apabila mereka menyeberang ke Jokowi pun sudah ketinggalan gerbong.

“Kemungkinan berbalik mendukung Jokowi tetap ada. Tapi saya rasanya peluang itu kecil. PKS sepertinya masih akan tetap setia kepada Prabowo,” pungkas Direktur Eksekutif Indonesia Political Review tersebut.

(Ikhsan Djuhandar – www.harianindo.com)