Home > Ragam Berita > Ekonomi > Jadi Calon Kuat Cawapres Prabowo, Ini Dia Gurita Bisnis Sandiaga Uno

Jadi Calon Kuat Cawapres Prabowo, Ini Dia Gurita Bisnis Sandiaga Uno

Jakarta – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno disebut-sebut sebagai calon kuat cawapres Prabowo pada Pilpres 2019 mendatang.
Seperti diketahui, sebelum menjabat sebagai wakil gubernur, Sandiaga Uno dikenal sebagai pengusaha muda yang sukses. Bahkan nama Sandiaga Uno masuk dalan jajaran orang terkaya di Indonesia versi majalah bisnis Forbes.

Jadi Calon Kuat Cawapres Prabowo, Ini Dia Gurita Bisnis Sandiaga Uno

Sandiaga Uno diketahui sebagai pendiri perusahaan investasi Saratoga Investama Sedaya, yang didirikan bersama rekan bisnisnya, Edwin Soeryadjaya, pada 1998 lalu.

Perusahaan ini fokus pada investasi di bidang konsumer, infrastruktur dan sumber daya alam (SDA) di wilayah Indonesia dan Asia Tenggara.

Saratoga Investama Sedaya diantaranya berinvestasi di bisnis maskapai penerbangan yaitu Tigerair Mandala melalui Saratoga Capital. Sandi bahkan sempat menghidupkan kembali PT Mandala Airlines yang berhenti terbang sejak Januari 2011, namun usahanya tidak bertahan lama karena pada 2014 Mandala Airlines kembali berhenti terbang.

Untuk bidang konsumer, beberapa perusahaan yang dipegang Saratoga seperti Awal Bros Hospital Group (2016), Deltomed (2017), Gilang Agung Persada (2014), MGM Bosco (2016), dan Mitra Pinasthika Mustika (2010).

Di bidang infrastruktur, ada Nusaraya Cipta yang dimulai pada 2006, Palton Energy (2015), Tenaga Listrik Gorontalo (2012), Tower Bersama Group (2004), dan Tri Wahana Universal (2011).

Sedangkan di bidang sumber daya alam (SDA), Saratoga menanamkan investasi di Adaro Energy yang dimulai pada 2002 lalu, Agra Energi Indonesia (2015), Amara Plantation (2010), Finder Resources Limited (2013), lalu Interra Resources Oil and Gas (2012), Merdeka Copper Gold (2014), Provindent Agro (2012), Sihayo Gold (2012), dan Sumatera Copper Gold (2012).

Saat mengikuti Pilkada 2017 lalu, Sandiaga memilih mundur dari Saratoga dan menjual kepemilikan sahamnya ke mitra kerjanya, Edwin Soeryadjaja.

Selain itu, Sandiaga Uno juga memiliki perusahaan investasi lainnya, yakni PT Recapital Advisors, yang didirikan bersama Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia saat ini, Rosan Perkasa Roeslani.

Melalui PT Recapital Advisors ini, Sandiaga Uno juga berinvestasi di sejumlah perusahaan seperti Recapital Securities, Recapital Asset Management, Global Sarana Lintas Artha, Recapital Life Insurance, Recapital General Insurance, Bank Banten, Acuatico, Hotel Grand Kemang, Mesastila Magelang, Bloomberg Business Week Magazine, Bloomberg TV, Harian Indonesia Finance Today (IFT), Republika Online, dan sejumlah perusahaan periklanan.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Prabowo-Sandi Akan Masukkan Gugatan Pilpres ke MK Hari Ini

Prabowo-Sandi Akan Masukkan Gugatan Pilpres ke MK Hari Ini

Jakarta – Pasangan capres dan cawapres 02, Prabowo Subianto – Sandiaga Uno, direncanakan akan mendaftarkan ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135