Home > Ragam Berita > Nasional > Prabowo Telah Empat Kali Maju di Pemilihan Presiden Sejak 2004

Prabowo Telah Empat Kali Maju di Pemilihan Presiden Sejak 2004

Jakarta – Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto kembali maju menjadi calon presiden pada Pilpres 2019 mendatang dengan menggandeng Sandiaga Uno sebagai calon wakil presiden.

Prabowo Telah Empat Kali Maju di Pemilihan Presiden Sejak 2004

Sebenarnya bukan baru pertama kali ini saja Prabowo berupaya untuk menjadi orang nomor satu di Indonesia. Karena sejak 2004 lalu telah terhitung empat kali mantan Danjen Kopassus ini maju di pemilihan presiden.

Pertama pada tahun 2004 lalu, dimana Prabowo mengikuti konvensi calon presiden Partai Golkar, namun pada saat itu ia kalah dan Wiranto yang berhak maju bersama dengan kemudian Salahuddin Wahid. Namun pasangan ini kalah dari pasangan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) – Jusuf Kalla (JK).

Kedua pada tahun 2009. Prabowo berupaya kembali maju menjadi calon presiden dengan menggandeng Ketua Umum PAN pada saat itu, Soetrisno Bachir. Tapi pasangan ini tidak bisa memenuhi persyaratan kursi dukungan sehingga Prabowo mengubah haluan dengan mendekati Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) yang mengusung Megawati Soekarnoputri sebagai calon presiden.

Setelah melewati negosiasi yang alot, Prabowo akhirnya ‘rela’ dengan hanya menduduki sebagai cawapres.

Tapi sayangnya, Prabowo kembali gagal karena yang menjadi pemenangnya yakni pasangan SBY – Budiono.

Kemudian pada 2014 lalu, Prabowo kembali mencoba peruntungan dengan menggandeng Ketua Umum PAN saat itu, Hatta Rajasa.

Tapi lagi-lagi Prabowo gagal meski didukung kekuatan besar seperti Partai Golkar, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Prabowo – Hatta memperoleh 46,84 persen suara. Kalah dari pasangan Jokowi – JK yang memperoleh 53,13 persen suara.

Lalu pada tahun ini, untuk keempat kalinya Prabowo kembali maju di ajang Pilpres 2019 bersama dengan Sandiaga Uno sebagai cawapresnya. Pasangan ini didukung oleh Partai Gerindra, PKS, PAN, Demokrat, dan Partai Berkarya.

Prabowo – Sandi akan menantang pasangan Jokowi – Ma’ruf Amin yang didukung oleh PDIP, NasDem, Golkar, PKB, PPP, Hanura, Perindo, PKPI, dan PSI.
(samsul arifin – harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pengamat Menilai Prabowo-Sandi Harus Antisipasi Isu Mahar Politik

Pengamat Menilai Prabowo-Sandi Harus Antisipasi Isu Mahar Politik

Jakarta – Salah seorang Pengamat politik, Maksimus Ramses Lalongkoe baru-baru ini memberikan prediksinya terkait sejumlah ...