Home > Ragam Berita > Nasional > Pengamat Menilai Prabowo-Sandi Harus Antisipasi Isu Mahar Politik

Pengamat Menilai Prabowo-Sandi Harus Antisipasi Isu Mahar Politik

Jakarta – Salah seorang Pengamat politik, Maksimus Ramses Lalongkoe baru-baru ini memberikan prediksinya terkait sejumlah isu yang bakal mencuat dalam Pilpres 2019 mendatang.

Pengamat Menilai Prabowo-Sandi Harus Antisipasi Isu Mahar Politik

Beberapa isu tersebut, kemungkinan bermunculan guna menjatuhkan elektabilitas dua pasangan bakal calon presiden yang bertarung di Pilpres 2019, yakni Joko Widodo-Ma’ruf Amin ataupun Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

“Saya kira ada banyak isu, baik itu tentang ekonomi, pekerja asing, isu SARA, soal penegakan hukum, isu pelanggaran hak asasi manusia dan isu-isu lain,” ujar Ramses.

Direktur Eksekutif Lembaga Analisis Politik Indonesia ini menilai bahwa prediksi munculnya isu-isu tersebut mulai terasa di publik. Oleh sebab itu, butuh komitmen kedua kubu yang bertarung dalam Pilpres 2019 mendatang, untuk sama-sama mengedepankan kampanye adu gagasan.

Menurutnya, kampanye negatif terlebih lagi kampanye hitam hanya akan berakibat perpecahan di tengah masyarakat. Disamping itu, pengajar di Universitas Mercu Buana tersebut juga meragukan bahwa partai koalisi pendukung Prabowo-Sandi bakal solid dalam memberi dukungan.

“Perlu diketahui, Prabowo-Sandi sama-sama berasal dari parpol yang sama, meski kemudian disebut Sandi sudah keluar. Tak bisa dipungkiri muncul kesan Gerindra menaklukkan tiga partai koalisi yang ada, ini tentu kurang baik,” kata Ramses.

Di sisi lain, Ramses juga menilai Prabowo-Sandi harus mengantisipasi membesarnya rumor mahar politik ke PAN dan PKS yang sempat mencuat beberapa waktu silam. Karena bukan tak mungkin, hal tersebut sangat bisa memengaruhi keterpilihan nantinya.

“Kan ada dugaan isu mahar politik itu artinya masih dalam ruang perdebatan publik apalagi Sandi mengakui itu, meski dianggap sebagai biaya politik,” pungkas Ramses.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

AHY Lakukan Pertemuan dengan Yenny Wahid, Apa Saja yang Dibahas ?

AHY Lakukan Pertemuan dengan Yenny Wahid, Apa Saja yang Dibahas ?

Jakarta – Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY, bertemu ...