Jakarta – Dengan bekerja sama dengan seniman Joko Avianto, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswesan meresmikan instalasi bambu ‘Getah Getih’ yang ditempatkan di Bundaran HI. Dikabarkan, biaya pembangunan instalasi tersebut kurang lebih sekitar Rp 550 juta dengan bantuan 10 BUMD DKI.

Anies Ungkap Instalasi Bambu di Bundaran HI Telah Biaya Rp 550 Juta

“Biaya sekitar Rp 550-an (juta) kemudian dikonsorsium oleh 10 BUMD kalau nggak salah,” kata Anies saat meresmikan instalasi di Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (16/8/2018).

Anies mengungkapkan, bahwa dirinya telah menjalin sama dengan Joko Avianto sejak tahun 2015 silam di Frankurt ketika dirinya masih menjabat sebagai Mendikbud. Dia sempat kesulitan menghubungi Joko untuk kembali menjalin kerja sama.

“Kita lewat media sosial saja,” sebutnya.

Instalasi bambu dipasang sejak dua minggu silam dengan bantuan kurang lebih 10 orang. Dijadwalkan, karya tersebut bakal dipasang hingga enam bulan ke depan.

Sebelumnya diberitakan, instalasi bambu yang dibuat untuk menyemarakkan Asian Games 2018 ini ternyata memiliki filosofi khusus. Anies menilai instalasi bambu itu jadi simbol materi tradisional yang ditempatkan di pusat Ibu Kota.

“Ini lah bambu Indonesia. Ditanam di pedesaan, dirawat dan dipanen oleh petani kecil, dijajakan oleh pedagang mikro. Kini membentang di area tanah–salah satu–paling mahal di Republik ini,” demikian penjelasan Anies lewat laman Facebook-nya, Rabu (15/8/2018).

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)